Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Sumber PNBP yang Dihasilkan KPKNL Dumai Bersumber dari Proses Pengelolaan Kekayaan Negara
Desy Agustin
Senin, 21 Februari 2022   |   259 kali

Dumai - “Sumber PNBP yang dihasilkan KPKNL Dumai bersumber dari proses Pengelolaan Kekayaan Negara“ Hal itu disampaikan Kepala KPKNL Dumai, Muh Hasbi Hanis menjawab pertanyaan wartawan dalam  sesi tanya jawab Konferensi Pers yang dilakukan oleh KPKNL Dumai bersama-sama dengan Instansi vertikal Kementerian Keuangan lainnya seperti KPPBC Tipe Madya Pabean B Dumai, KPP Pratama Dumai, KPP Pratama Bengkalis dan KPPN Dumai bertempat di Aula KPPBC TMP B Dumai (Selasa, 08 /02/2022.)

Adapun tujuan Konferensi pers ini dilaksanakan adalah  untuk menyampaikan capaian kinerja masing-masing instansi vertikal kementerian Keuangan pada tahun Anggaran 2021. Turut hadir pada konfrensi pers tersebut  Fuad Fauzi- Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean B Dumai, Sukirno - Kepala KPPN Dumai, Laela Nikulina -Kepala KPP Pratama Dumai dan Eko Cahyo Wicaksono-Kepala KPP Pratama Bengkalis.

“KPKNL Dumai bekerja di 5 wilayah kabupaten/Kota dengan total satuan kerja (satker) sekitar 200 satuan kerja kementerian/lembaga. Dari 200 satuan kerja kementerian lembaga ini memiliki aset berupa tanah, bangunan, jalan, irigasi, jembatan, jaringan dan lainnya”, ungkap Hasbi. Ia juga menjelaskan bahwa sebelum adanya kegiatan Revaluasi (penilaian kembali) yang dilaksanakan di tahun 2017 hingga 2020 lalu, nilai asset-asset tersebut bernilai sekitar 2 Triliun. Di tahun 2017 DJKN mulai menilai dari yang awalnya bernilai 2 triliun naik menjadi 6 triliun dengan total asset sekitar 6000 objek.

KPKNL Dumai menjaga bagaimana aset- aset tersebut dapat digunakan maksimal oleh para satuan kerja Kementerian Lembaga. Bagaimana mereka menjalankan fungsinya dengan di support oleh asset negara. “jadi kalau ada fungsi yang terhambat karena asset negara nya terganggu, itu menjadi tanggung jawab kami” tambah Hasbi.

Capaian masing-masing Unit Eselon I Kemenkeu Kota Dumai, rata-rata sudah mencapai target bahkan sudah melewati target yang ditetapkan Kantor Pusat. Dalam konferensi Pers tersebut disampaikan bahwa  Capaian Kinerja KPKNL Dumai Tahun 2021 adalah : Penerimaan PNBP yang berasal dari Pengelolaan Aset sebesar Rp. 12.618.699.705  atau 268 persen dari target yang ditetapkan. Program pensertifikatan Barang Milik Negara berupa  tanah sebanyak 143 bidang, pemulihan Hak tagih Negara (Cost Recovery) sebesar Rp. 319.670.709,00 dan dari sisi pelayanan lelang, pada tahun 2021 KPKNL Dumai berhasil melaksanakan lelang sebanyak 232 frekuensi dengan  pokok lelang sebesar Rp. 21.938.178.898 dan PNBP dari Bea Lelang sebesar Rp. 786.952.602,-.   

Selain mengelola penerimaan, Kementerian Keuangan Kota Dumai juga memastikan belanja negara yang berkeadilan, efektif, efisien dan produktif. “Jadi kalau tadi penerimaan negara nya di himpun oleh pajak dan bea cukai, disalurkan melalui KPPN, itu tidak berhenti di situ saja, KPKNL Dumai juga memastikan satuan kerja yang meminta uang untuk membeli aset menggunakan uang tersebut benar sesuai permintaan dan ketentuan” tutup Hasbi.

Pandemi Covid-19 yang terjadi di Tahun 2021 merupakan periode yang berat untuk perekonomian Indonesia, namun pemerintah harus terus berusaha melakukan berbagai upaya dalam menanggulangi pandemi tersebut. Kementerian Keuangan berkolaborasi untuk senantiasa mendukung dalam mengoptimalkan penerimaan demi terwujudnya Kemenkeu Satu, Kemenkeu Terpercaya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini