Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Hidup Sehat Tanpa Narkoba
Deddy Martinus Sinaga
Jum'at, 03 Juli 2020   |   1837 kali

Dumai (Kamis, 02 Juli 2020) Ivan Kurniawan Arifin atau yang lebih dikenal dengan Ivanka, bassist dari group Musik Slank yang juga penggiat anti narkoba, mengatakan bahwa bahwa semua lapisan masyarakat Indonesia harus ikut secara bersama-sama  dalam pencegahan penyalahgunaan narkoba. “Memang untuk permasalahan narkotika terutama untuk pencegahan  kalau semua-semuanya harus ditumpukan tanggung jawabnya kepada  BNN yah,  kayaknya permasalahan narkotika bangsa ini nggak akan selesai.Jadi memang sudah seharusnya semua lapisan lini masyarakat baik itu dari pemerintahan, departemen, dari swasta, dari keluarga masing-masing di rumah  untuk ikut sama-sama aktif terhadap bagaimana caranya kita melakukan pencegahan terhadap narkoba.” ujar Ivanka saat Webinar Hidup Sahat Tanpa Narkoba yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara pada Kamis, (2/7/2020) secara virtual melalui aplikasi Zoom Us dan Youtube Live DJKN.

Ivanka juga menyampaikan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi seseorang terkena narkoba adalah keinginan untuk mencoba narkoba tersebut dan  lingkungan. “Ternyata trigernya orang terkena narkoba sebenarnya  adalah coba-coba. Tapi ada 1 (satu)  faktor lagi yang menurut saya  mempengaruhi  adalah  lingkungan . Lingkungan, kalau misalkan kita yang sudah Alhamdulilah kita berada dalam lingkungan yang bagus, tetapi  kalau coba - coba bergaul dengan lingkungan yang memang rentan bahwa mereka terkena narkoba , sebenarnya sih jangan coba-coba. Karena sudah pasti, kita kalo menghabisin waktu bergaul dengan mereka, gak mungkin ngak kena.Pasti akan terkena.Seinggak-inggaknya kita punya waktu melihat pola hidup mereka, pola pikir mereka seperti apa. Oooh, kayaknya asik yah seru yah, setidaknya kita akan coba –coba karena solider atau segala macam.” ungkapnya.     

Lebih lanjut beliau juga menambahkan bahwa peran keluarga sangat membantu  pecandu narkoba untuk sembuh dari ketergantungan narkoba.“ Peran keluarga, peran teman-teman teman dekat, peran dari orang yang kita sayangi itu, memang sangat membantu. Tanpa dukungan keluarga dan teman teman dekat mustahil keluar dari situ”.

            Perlu disampaikan bahwa Webinar Hidup Sehat Tanpa Narkoba dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2020 dan melaksanakan social campaign yang merupakan program kerja mendukung Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM) di Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Republik Indonesia.Webinar tersebut dibuka oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rachmatarwata  dan diikuti oleh Para Pejabat dan Pegawai di Lingkungan DJKN termasuk Pejabat dan Pegawai KPKNL Dumai. Selain Ivanka Slank, hadir juga sebagai pemateri pada Webinar tersebut  Anjani Pramuka Putra, Deputi Bidang Pencegahan Badan Narkotika Nasional.

(Narasi dan Foto : Seksi HI)

#transforMoF

#berubahbutuhnyali

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini