Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Terapkan WFH, KPKNL Dumai laksanakan Rapat Dialog Kinerja Organisasi Secara Online
Desy Agustin
Senin, 13 April 2020   |   434 kali

Dumai - (08/04/2020) KPKNL Dumai menyelenggarakan rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan I Tahun 2020 dalam rangka evaluasi capaian kinerja dan upaya untuk mencapai target kinerja. Berbeda dengan DKO sebelumnya,  DKO kali ini dilaksanakan secara online sesuai dengan kebijakan Kementerian Keuangan untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi pegawai dari risiko penularan Covid-19 dengan menerapkan sistem sebagian pegawai bekerja dari kantor (WFO) dan sebagian pegawai bekerja dari rumah (WFH).

Kegiatan DKO secara online ini, dihadiri oleh kepala kantor, seluruh Kepala Seksi, Kepala Subbagian dan Person In Charge (PIC) kinerja masing-masing seksi atau subbag yang bekerja secara WHO maupun WFH.

Rapat DKO dipimpin oleh Kepala KPKNL Dumai, Dirmanti Jaya, Dalam arahannya, Dirmanti menyampaikan agar semua pegawai menjaga kesehatan ditengah wabah Covid-19 dan dalam bekerja harus sesuai dengan kebijakan dan arahan Kantor Pusat DJKN. Menurutnya pekerjaan dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu pekerjaan yang dapat dilaksanakan di kantor, pekerjaan yang harus ke lapangan, dan pekerjaan yang dapat dikerjakan di kantor dan lapangan. Agar lebih efektifitas dan efisien pekerjaan, harus dipilih skala prioritas agar target dapat tercapai dengan melaksanakan protokol kesehatan.

Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Iling Saidah memaparkan Capaian Kinerja Triwulan I Tahun 2020 KPKNL Dumai capaiannya yaitu terdapat 10 IKU dengan status hijau (tercapai), 7 IKU dengan status abu-abu (belum terdapat target), 2 IKU dengan status kuning (tidak mencapai 100%) dan 1 IKU dengan status merah (capaiannya rendah). Secara keseluruhan Nilai Kinerja Organisasi Triwulan I pada Tahun 2020 adalah 115,16%”.

Kegiatan dialog kinerja pertama review kinerja tematik highlight (berstatus kuning dan merah) antara kepala kantor dengan seksi terkait untuk membahas permasalahan dan rencana aksi yang akan dilaksanakan. Dilanjutkan review kinerja yang berstatus hijau dan abu-abu antara kepala kantor dengan seksi terkait.

Setelah seksi teknis menjelaskan permasalahan maupun kendala, Kepala Kantor memberikan arahan, solusi serta strategi agar dapat mencapai kinerja meskipun dalam Keadaan Darurat Bencana Wabah Penyakit Akibat Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Solusi dari permasalahan dan kendala dalam pencapaian target dituangkan dalam Matriks Tindak Lanjut DKO yang akan dimonitor pelaksanaannya dalam kegiatan DKO Triwulan II Tahun 2020.

Selain DKO, rapat juga membahas penanganan risiko yang dilakukan Triwulan I Tahun 2020. Dengan mengetahui potensi risiko yang mempengaruhi IKU, diharapkan dapat memitigasi risiko yang kemungkinan terjadi. Dalam pembahasan risiko seksi teknis dan seksi KI menentukan level risiko masing-masing kinerja. Untuk level risiko yang berstatus tinggi, kepala kantor meminta agar menjadi perhatian seksi teknis.

Menutup rapat, Dirmanti mengapresiasi Rapat DKO online yang sangat efektif dan efisien, serta mengapresiasi antusiasme dalam menanggapi dan memberikan solusi.  Selain itu Dirmanti juga menghimbau agar seluruh pegawai menjaga kesehatan dan melaksanakan pelayanan dalam wabah Covid-19 ini kepada stakeholder sesuai dengan kebijakan pelayanan yang ditetapkan Kantor Pusat DJKN.

 (Naskah & Foto : Seksi HI dan KI KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini