Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Upacara Hari Oeang Republik Indonesia Ke-73
Desy Agustin
Selasa, 05 November 2019   |   177 kali

            Dumai - (30/10/2019)  Bertempat di Lapangan Upacara Kantor Pengawasan dan Pelayanan Tipe Madya Pabean B Dumai Jalan Datuk Laksmana No. 1 Dumai, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai bersama Kantor Vertikal Kementerian Keuangan yang berada di Kota Dumai melaksanakan Upacara dalam rangka Peringatan Hari Oeang RI ke 73 dan Hari Sumpah Pemuda ke 91.

Upacara diikuti  oleh perwakilan Pejabat/Pegawai dari KPKNL Dumai, KPP Pratama Dumai, KPPBC TMP B Dumai dan KPPN Dumai. Ada hal yang menarik  pada upacara kali ini, pejabat dan pegawai yang mengikuti upacara diperintahkan untuk mengenakan pakaian adat khas daerah yang mewakili berbagai suku di Indonesia.

Diawali dengan pengibaran bendera sang saka merah putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dilanjutkan dengan pembacaan Pancasila dan teks UUD 1945, serta pembacaan sejarah Hari Oeang RI Tahun 1946 dan  Sumpah Pemuda Tahun 1928, memenuhi rangkaian kegiatan upacara sehingga berjalan lancar dan khidmat.

Kepala KPKNL Dumai, Dirmanti Jaya bertindak sebagai inspektur upacara Upacara membacakan arahan Menteri Keuangan. Dalam arahannya  meyampaikan 3 hal kepada Keluarga Besar kementerian Keuangan yakni : 1. bekerja dengan berinovasi karena inovasi merupakan kunci agar tetap relevan dengan jaman, serta inovasi dapat menghasilkan jalan keluar yang tepat menjawab permasalahan yang dihadapi. 2. Bersinergi dengan pemangku kepentingan untuk memperkuat pilar ekonomi dan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, 3. Menghapus stigma bahwa birokrasi itu lamban dan mempersulit.

Dirmanti merasa sangat bangga dipersilahkan untuk mengisi peran sebagai inspektur upacara. Menurut Dirmanti, kegiatan upacara Hari Oeang setiap tahunnya selalu berhasil memberikan kesan tersendiri bagi setiap pegawai Kementerian Keuangan. Penggunaan baju adat dalam prosesi upacara menyiratkan seluruh peserta tentang kekayaan indonesia dalam budayanya.

(Narasi : Seksi HI KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini