Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
KPKNL Dumai Goes to Campus STMIK-AMIK Dumai
Desy Agustin
Rabu, 16 Oktober 2019   |   694 kali

Dumai – 09 Oktober 2019, Dalam rangka edukasi pengelolaan kekayaan negara, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai mengadakan kegiatan Goes To Campus Tahun 2019 di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Komputer (STMIK) – Akademi Manajemen Informatika Komputer (AMIK) yang merupakan salah satu kampus yang berada di wilayah kerja KPKNL Dumai.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula STMIK-AMIK Dumai ini dihadiri oleh Wakil Direktur AMIK DumaiAsparizal, M.Kom, Kepala Bagian Kemahasiswaan STMIK Dumai, Arie Linarta, M.Kom, para dosen STMIK-AMIK Dumai serta 150 (seratus lima puluh) mahasiswa dari berbagai tingkat dan jurusan.

Sedangkan dari KPKNL Dumai hadir Kepala KPKNL Dumai Dirmanti Jaya, para pejabat eselon 4, pejabat fungsional pelelang dan pegawai KPKNL Dumai. Selain itu juga hadir Kepala Seksi Informasi Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (RSK) , Indra Sabar.

Dengan tagline “Siapa Kita? - We are Assets Guardian ; KPKNL Dumai Goes to Campus?- Luar Biasayg menggelora di sorakkan MC itu juga berhasil menggetarkan seisi ruangan saat seluruh peserta bersama-sama menyanyikan Lagu kebangsaan “Indonesia Raya” ciptaan Wage Rudolf Supratman.

Acara dimulai dengan pembacaan doa dan dilanjutkan dengan sambutan oleh Wakil Direktur AMIK Dumai, Asparizal, M.Kom. Asparizal mengapresiasi kegiatan KPKNL Dumai Goes To Campus 2019 yang diadakan di Kampus STMIK-AMIK Dumai karena dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menambah ilmu. “Yang disampaikan oleh KPKNL Dumai ini adalah ilmu. Ada lelang, bagaimana cara ikut lelang. Lelang itu murah, walaupun kita bersaing untuk nilai tertinggi. Tetapi kita tidak pernah mengikuti lelang karena memang kita tidak tahu. Dengan kegiatan ini kita akan memperoleh informasi secara jelas tentang lelang dan tugas lain dari KPKNL Dumai.”, tuturnya.

Kepala Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau (RSK), yang diwakili oleh Indra Sabar selaku Kepala Seksi Informasi menyampaikan KPKNL Dumai merupakan salah satu kantor operasional dibawah Kanwil DJKN RSK, Eselon 1 Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kementerian Keuangan. Visi DJKN yaitu menjadi pengelola kekayaan negara yang professional dan akuntabel. Menurut Indra, kegiatan goes to campus di STMIK-AMIK Dumai merupakan bentuk edukasi kepada generasi muda penerus bangsa untuk mengetahui tentang tugas dan fungsi KPKNL Dumai sebagai pengelola asset negara dan bagaimana generasi muda turut menjaga asset negara.

Kepala KPKNL Dumai, Dirmanti Jaya, dalam sambutannya menyampaikan bahwa melalui acara goes to campus ini banyak ilmu yang akan didapatkan mahasiswa STMIK-AMIK Dumai. ”Seluruh rangkaian kegiatan ini akan menambah wawasan teman-teman Mahasiswa terutama mengenai pengelolaaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara, pelayanan penilaian dan pelayanan lelang yang menjadi tugas dan fungsi KPKNL Dumai. Jadi momen ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya”, ujar Dirmanti.

Dirmanti mengatakan, bagi yang ingin mengetahui KPKNL Dumai lebih mendalam dapat langsung datang ke Kantor KPKNL Dumai di Jalan Sultan Syarif Kasim, No.55, Kota Dumai. Serta bagi mahasiswa yang ingin informasi lebih dalam tentang KPKNL Dumai dapat melihat melalui website atau media sosial KPKNL Dumai. Sedangkan bagi yang ingin ikut lelang dapat mengakses situs Lelang Indonesia di www.lelang.go.id.

Dirmanti menambahkan bahwa semua pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Dumai Gratis tanpa biaya. KPKNL Dumai saat ini juga sedang melakukan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK). Diakhir sambutannya Dirmanti meminta agar mahasiswa juga dapat berperan menjaga asset negara.

Pembawa acara kembali me-refresh semangat mahasiswa dengan mengenalkan motto KPKNL Dumai “Seroja” untuk diucapkan secara bersama-sama. Salam SEROJA! “Semangat, Energik, Ramah, Optimis, Jujur dan Amanah” sontak jawab seluruh peserta dengan genggaman tangan yang diayun kedepan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari KPKNL Dumai. Materi pertama pengenalan profil KPKNL Dumai oleh Deddy Sinaga, Kepala Seksi Hukum dan Informasi. Deddy menjelaskan tentang visi misi, sejarah berdiri, tugas dan fungsi, struktur organisasi dan wilayah kerja KPKNL Dumai. KPKNL Dumai didirikan tahun 2007 dengan wilayah kerja KPKNL yang meliputi Kota Dumai, Kab. Bengkalis, Kab. Siak, Kab. Rokan Hilir dan Kab. Kepulauan Meranti.

Materi kedua Pengelolaan Kekayaan Negara dibawakan oleh Silviana Oktariana yang biasa dipanggil Korin, Kepala Seksi Pengelola Kekayaan Negara dan Dyah Resti yang menjelaskan tentang pengertian kekayaan negara, aset yang dikelola DJKN, pengelolaan kekayaan negara, dan penatausahaan Barang Milik Negara (BMN). Tugas pengelolaan kekayaan negara antara lain, melakukan persetujuan penggunaan, pemanfaatan (sewa), pemindahtanganan dan penghapusan BMN. Diakhir pemaparan diberikan pertanyaan dan kuis puzzle tebak wajah yang kembali meramaikan suasana aula dengan antusias mahasiswa.

Materi ketiga pelayanan penilaian oleh Iling Saidah, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Desti Marlindang pelaksana Seksi Pelayanan Penilaian yang menjelaskan tentang pengertian penilaian, proses penilaian, dan peran penilai DJKN. Peran penilai antara lain melakukan penilaian BMN contoh penilaian sewa tanah/bangunan milik Polres Dumai untuk disewa ATM oleh Bank BRI Cabang Dumai dan penilaian untuk pemindahtangan atas aset BMN Eks KKKS PT. Chevron Pacific Indonesia. Selain itu, KPKNL Dumai juga melakukan penilaian aset pemerintah daerah seperti aset milik Pemko Dumai. Untuk memudahkan pemahaman tentang konsep penilaian, maka dilakukan simulasi penilaian 1 buah handphone second dan 1 buah sepeda motor second.

Untuk menambah semangat peserta dan menguji  pemahaman, maka diadakan quiz online melalui Kahoot.it. Pertanyaan quiz terkait pemaparan dan juga pengetahuan umum. Suasana Aula pun pecah dengan antusias dan semangat peserta untuk menjawab pertanyaan yang ditampilkan dengan benar.

Materi keempat pengurusan Piutang Negara disampaikan oleh Aris Suhada Mian, Kepala Subbagian Umum dan Katon Pamungkas. KPKNL Dumai menerima pengurusan piutang Negara yang berasal dari K/L. Ketentuan mengenai pengurusan piutang negara berdasarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perpu) Nomor 49 Tahun 1960, pada intinya menyatakan bahwa sepanjang besar dan adanya sudah pasti, piutang negara dapat diserahkan KPKNL untuk dilakukan penagihan. Contoh piutang negara adalah piutang dari tagihan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Dumai.

Materi kelima pelayanan lelang disampaikan oleh Kepala Seksi Pelayanan Lelang, Dimas Galih Saputra. Menurut Galih lelang adalah penjualan barang yang terbuka untuk umum dengan penawaran harga secara tertulis dan/atau lisan yang semakin meningkat atau menurun untuk mencapai harga tertinggi, yang didahului dengan Pengumuman Lelang. Jenis lelang terdiri dari lelang eksekusi, lelang non eksekusi wajib dan lelang non eksekusi sukarela. Para mahasiswa dapat menjadi pemohon lelang maupun pembeli lelang. Untuk mengikuti lelang secara online dapat mengunjungi situs www.lelang.go.id .

Suasana meriah ketika diadakan simulasi lelang secara konvensional yang dipimpin oleh Pejabat Lelang Ahli Muda KPKNL Dumai, Zulpan Effendi. Simulasi lelang diikuti oleh semua peserta. Barang yang dilelang terdiri atas sembilan lot barang yaitu : dua buah tas punggung, dua buah batik keris, satu buah headphone, satu buah speaker, dua buah flashdisk, dan satu buah mouse wireless.  Para peserta antusias menawar barang yang dilelang. Simulasi lelang berakhir setelah semua objek lelang laku terjual.

“Saya senang dapat turut serta dalam kegiatan ini, asyik dan seru,” kata salah seorang mahasiswa.  Antusiasme, semangat, dan keceriaan terlihat jelas di wajah peserta.

Diakhir kegiatan, KPKNL Dumai memberikan apresiasi kepada dua peserta teraktif dan tiga peserta upload foto terbaik di instagram KPKNL Dumai. Kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini