Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
KPKNL Dumai Hadiri Pemusnahan BMN Barang Hasil Penindakan KPPBC TMP B Pratama Dumai
Lola Vita Loka Purba
Jum'at, 26 Juli 2019   |   278 kali

Dumai – Machmud Yunus, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Muhammad Ramdhany, Staff Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Dumai memenuhi undangan Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean (TMP) B Dumai, Fuad Fauzi, dalam rangka melaksanakan pemusnahan barang hasil penindakan yang telah ditetapkan menjadi Barang Milik Negara di Komplek Detasemen Pertahanan Udara Rudal Dumai.  (24/07/2019).

Sebelumnya terhadap barang hasil penindakan  yang ditetapkan menjadi Barang Milik Negara yang akan dimusnahkan, KPKNL Dumai telah melakukan pemeriksaan baik administratif maupun fisik. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan penerbitan Surat Persetujuan Pemusnahan Barang Milik Negara atas nama Menteri Keuangan.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Bea Cukai Dumai, Fuad Fauzi, menyampaikan  penindakan yang dilakukan petugas Bea Cukai Dumai ini merupakan manifestasi fungsi yang diemban Bea Cukai sebagai community protector, “yaitu kewajiban Bea Cukai untuk melindungi masyarakat dari barang-barang ilegal yang berbahaya bagi kesehatan masyarakat maupun lingkungan," ujarnya.

Menurut Machmud “Kegiatan pemusnahan yang terselenggara hari ini merupakan bentuk sinergi dan dukungan KPKNL Dumai kepada KPPBC TMP B Dumai, dalam mewujudkan tata kelola BMN yang baik dan akuntabel.

Adapun barang-barang yang dimusnahkan berupa rokok, balpress, peralatan elektronik, ban bekas, minuman keras, kosmetik, sparepart mobil, obat kuat, mainan dan sepatu dengan jumlah potensi kerugian negara sebesar Rp 2,5 Milyar.

Seluruh BMN tersebut dimusnahkan dengan cara dihancurkan dan dibakar, sehingga barang-barang tersebut rusak, tidak dapat dikonsumsi, dan tidak dapat digunakan lagi.

Selain dihadiri oleh KPKNL Dumai, kegiatan pemusnahan ini juga dihadiri oleh perwakilan dari Polres Dumai, Pengadilan Negeri Dumai , DenPOMAL Dumai, LANAL Dumai, KODIM Dumai, dan BP POM Dumai.

Usai acara pemusnahan dilakukan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan oleh Tim Pemusnahan BMN dengan disaksikan oleh Kepala KPPBC TMP B Dumai dan semua perwakilan dari tamu undangan.

 

(Narasi : Seksi HI KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini