KPKNL Dumai
Berita DJKN

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, KPKNL Dumai adakan Simulasi Evakuasi Bencana

Jum'at, 26 April 2019   |   40 kali

Dumai – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai menyelenggarakan Kegiatan Simulasi Evakuasi Bencana Serentak bersama tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai  bertempat di Lapangan Olahraga KPKNL Dumai pada kamis, 22/04/19.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menindaklanjuti Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara tentang Imbauan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi Serentak di Lingkungan Kementerian Keuangan serta dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) 2019.

Dirmanti Jaya, Kepala KPKNL Dumai membuka kegiatan Simulasi Evakuasi Bencana di Seroja Meeting Room KPKNL Dumai.  Dalam arahannya, Dirmanti mengatakan tidak hanya karena himbauan, tapi kegiatan simulasi evakuasi bencana memang sangat penting bagi semua orang. Ia mengharapkan agar seluruh peserta dapat memperhatikan materi yang disampaikan narasumber karena akan sangat berguna dalam menghadapi Kondisi Darurat.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Dumai, H. Afrilagan, S.H., M.Si. menyampaikan tema Hari Kesiapsiagaan Bencana 2019 adalah Kesiapsiagaan dimulai dari diri sendiri, keluarga, dan Komunitas. Dalam survei  faktor pertama yang dapat menyelamatkan dari bencana adalah kesiapan diri sendiri menghadapi situasi darurat.

Menurutnya hal yang harus dilakukan sejak awal untuk mengantisipasi bencana adalah kenali Jalan Keluar dan Letak alat-alat yang digunakan pada keadaan darurat seperti Hidran dan alat Pemadam Kebakaran.

Usai Pemaparan dilanjutkan dengan praktik evakuasi yang dipandu oleh Suryadi. Mula-mula sirine tanda kebakaran dibunyikan. Dalam menghadapi kondisi kebakaran maka pegawai diarahkan untuk melawati tangga darurat menuju titik kumpul (assembly point) yang berada di belakang kantor tepatnya di Lapangan Olahraga KPKNL Dumai. Assembly point merupakan tempat berkumpul untuk memberikan pertolongan dan berbagi informasi. Letak lokasinya  tidak boleh menghalangi mobil bantuan.

Simulasi dilanjutkan dengan cara menghadapi bencana kebakaran. Petugas Pemadam BPBD Kota Dumai mencontohkan cara memadamkan api dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dan menutupi dengan kain yang telah basah.  “Setiap proses pemadaman harus dilakukan dari arah yang berlawanan dengan arah angin” jelas Suryadi, Relawan Pelatihan Simulasi Kebakaran.

Meski cuaca di lapangan terasa sangat terik, namun para pegawai tetap antusia dengan bergantian mencoba memadamkan api baik itu menggunakan APAR mapuan dengan kain basah.

Salah satu peserta Aris Suhada Mian, Kepala Subbagian Umum KPKNL Dumai menyampaikan kegiatan simulasi ini sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan pegawai tentang bagaimana menghadapi kondisi darurat baik itu dikantor ataupun di kehidupan sehari-hari masing-masing pegawai.

Dalam Penutupnya, Dirmanti menyampaikan kegiatan ini mampu menambah wawasan dalam menghadapi bencana dan menggunakan alat-alat keselamatan. Dirmati meminta Kasubbag umum untuk membuat tim khusus dalam persiapan menghadapi bencana dan memberikan knowledge sharing kepada pegawai yang tidak dapat mengikuti simulasi evakuasi.

(Narasi/Foto : Seksi HI KPKNL Dumai) 

Foto Terkait Berita
Pengumuman
BROSUR LAYANAN KPKNL DUMAI
Rabu, 24 Juli 2019
SEROJA E-MAGAZINE KPKNL DUMAI
Rabu, 24 Juli 2019
Layanan Pengaduan Masyarakat
Kamis, 19 April 2018
Kontak
Jalan Sultan Syarif Kasim No. 55, Kode Pos 28813
(0765) 439993
(0765) 439992
kpknldumai@kemenkeu.go.id