KPKNL Dumai
Berita DJKN

Pelaksanaan Lelang Kendaraan Dinas Pemkab Bengkalis menjadi Salah Satu Objek Kegiatan Observasi Pengendalian Internal pada KPKNL Dumai

Selasa, 16 April 2019   |   94 kali

Dumai - Unit Kepatuhan Internal dalam hal ini pada Seksi Kepatuhan Internal Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai melakukan kegiatan Observasi Pengendalian Internal berupa pemantauan pelaksanaan lelang Non Eksekusi Wajib Barang Milik Daerah pada Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Pemerintah Kabupaten Bengkalis melaksanakan penghapusan Barang Milik Daerah berupa kendaraan dinas roda empat sebanyak 69 (enam puluh sembilan) unit dengan cara penjualan lelang melalui KPKNL Dumai.

Lelang dilaksanakan di Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Bengkalis Jalan Pertanian No. 561 Bengkalis pada hari Rabu tanggal 10 April 2019. Dipimpin oleh Zulpan Effendi selaku Pejabat Lelang dari KPKNL Dumai yang didampingi oleh staff,  sedangkan dari pihak Pemerintah Kabupaten Bengkalis dihadiri oleh Hj. Liessuryani selaku Pejabat Penjual dan beberapa pejabat dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Machmud Yunus, Kepala Seksi Kepatuhan Internal dan Aris Suhada Mian, Kepala Subbagian Umum kali ini mendapatkan tugas untuk melaksanakan kegiatan observasi berupa pemantauan secara langsung pelaksanaan lelang tersebut. Kegiatan pemantauan merupakan bagian dari pelaksanaan pengendalian internal yang dilakukan secara berkala atas layanan unggulan yang diberikan kepada para stakeholder KPKNL Dumai. Dasar pelaksanaan kegiatan pemantauan adalah Keputusan Menteri Keuangan Nomor: 940/KMK.09/2017 tentang Kerangka Kerja Penerapan Pengendalian Intern dan Pedoman Pemantauan Pengendalian Intern di Lingkungan Kementerian Keuangan. Sedangkan tujuan pemantauan lelang adalah untuk memastikan pelaksanaan lelang telah dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku. Objek pemantauan lelang meliputi dokumen pra lelang, pelaksanaan lelang dan pasca  lelang.

 Tepat pukul 10.00 WIB, Pejabat Lelang membuka lelang dengan mengupload Risalah Lelang. Lelang kendaraan dinas Pemerintah Kabupaten Bengkalis kali ini dilaksanakan melalui internet dengan sistem penawaran open bidding menggunakan aplikasi lelang.go.id. Peserta lelang mulai menawar barang yang dilelang secara online tampak pada layar. Pejabat lelang dan Pejabat Penjual serta pemantau dari KPKNL Dumai memonitoring selama proses lelang berlansung. Tepat pukul 12.00 WIB lelang ditutup.  

Menurut Machmud dari hasil pemantauan pelaksanaan lelang dan dokumen permohonan, dapat dinyatakan bahwa pelaksanaan lelang kendaraan dinas Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Pemantauan selanjutnya akan dilakukan pada kegiatan pasca lelang (proses pelunasan dan pembuatan risalah lelang) yang akan dilaksanakan di KPKNL Dumai.

(Narasi : Seksi HI/KI KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
BROSUR LAYANAN KPKNL DUMAI
Rabu, 24 Juli 2019
SEROJA E-MAGAZINE KPKNL DUMAI
Rabu, 24 Juli 2019
Layanan Pengaduan Masyarakat
Kamis, 19 April 2018
Kontak
Jalan Sultan Syarif Kasim No. 55, Kode Pos 28813
(0765) 439993
(0765) 439992
kpknldumai@kemenkeu.go.id