Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
SERAH TERIMA BMN IDLE BPS KAB. ROKAN HILIR KE KPKNL DUMAI
Desy Agustin
Jum'at, 14 Desember 2018   |   326 kali

Dumai – Kamis, 6 Desember 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai menerima Barang Milik Negara (BMN) Idle berupa tanah seluas 836 m2 yang berlokasi di Rokan Hilir dari Satuan Kerja Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rokan Hilir di kantor BPS Kabupaten Rokan Hilir.

BMN Idle diserahkan oleh Kepala BPS Ir. Budianto kepada Kepala KPKNL Dumai Dirmanti Jaya, yang didampingi oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Indra Sabar.

Budianto mengatakan BMN Idle berupa tanah tersebut berlokasi di Ujung Tanjung. BMN tersebut awalnya dibeli untuk dibangun kantor, selaras dengan lokasi ibu kota Rokan Hilir di Ujung Tanjung sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 53 Tahun 1999 tentang pembentukan Kabupaten Rokan Hilir. Namun, tahun 2008 terbit UU RI Nomor 34 Tahun 2008 yang menyatakan ibukota Kabupaten Rokan Hilir berada di Bagansiapiapi.

“Perpindahan ibu kota berdampak terhadap lokasi pembangunan kantor BPS Rokan Hilir. Tanah yang berlokasi di Ujung Tanjung menjadi tidak cocok untuk di bangun kantor karena berjarak lebih kurang 75 km dari ibukota Bagansiapiapi. Untuk itu, BPS Rokan Hilir membeli tanah yang berada di kota Bagansiapiapi untuk dibangun kantor, sehingga tanah yang berlokasi di Ujung Tanjung menjadi tidak dipergunakan dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi BPS” tutur Budianto.

Dirmanti sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh BPS Kabupaten Rokan Hilir yang menyerahkan tanah tersebut kepada Pengelola Barang. Menurutnya BMN Idle yang diserahkan kepada Pengelola Barang, nantinya dapat diberikan kepada satker-satker yang membutuhkan tanpa perlu dilakukan pengadaan yang dapat membebani APBN, atau terhadap BMN tersebut dapat dilakukan pemanfaatan agar dapat menghasilkan penerimaan negara melalui PNBP” jelas Dirmanti.

Dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima BMN Idle antara BPS Kabupaten Rokan Hilir dan KPKNL Dumai, maka secara resmi pengelolaan BMN Idle tersebut ada pada Pengelola Barang (KPKNL Dumai).

(Teks/Foto : Muhammad Ramdhany)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini