Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
KPKNL Dumai Turut Serta Kegiatan Bea Cukai Bersih-Bersih
Desy Agustin
Sabtu, 08 Desember 2018   |   249 kali

Dumai – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai Turut Serta dalam kegiatan “KEMENKEU BERSIH-BERSIH” Yang diadakan oleh Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) TMP B Dumai pada hari Sabtu, 8 Desember 2018 pukul 07.15 s.d. 10.00 WIB berlokasi di area Bukit Gelanggang Kota Dumai.

Kegiatan “Kemenkeu Bersih-Bersih” diprakarsai oleh KPPPBC TMP B Dumai, melibatkan peserta dari pegawai Kementerian Keuangan di wilayah kota Dumai, yaitu KPKNL Dumai, KPP Pratama Dumai dan KPPN Dumai,  serta para pengguna jasa layanan bea dan cukai.

Acara dibuka oleh Fuad Fauzi, Kepala KPPBC TMP B Dumai. Fuad menyampaikan tujuan “Kemenkeu Bersih-Bersih” untuk meningkatkan kesadaran lingkungan masyarakat dan untuk memperkenalkan unit Kementerian Keuangan ke Masyarakat luas. “Kemenkeu Bersih-Bersih” merupakan bentuk dukungan dan kepedulian kementerian keuangan terhadap masalah yang ditimbulkan dari sampah plastik khususnya yang ada di Kota Dumai.

Fuad menyampaikan rencana penerapan cukai pada plastik yang pada tahap awal yang akan diberlakukan untuk kantong kresek. Penerapan pada kantong kresek merupakan hasil pembahasan yang dilakukan oleh Panitia Antar Kementerian (PAK). Sampah plastik tidak hanya menjadi masalah di daratan, tetapi juga di lautan yang menyebabkan berbagai masalah lingkungan hidup yang serius.

Harapan kedepannya setelah penerapan cukai terhadap kantong kresek diterapkan serta sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya sampah plastik digencarkan, lambat laun dapat membantu pemerintah dalam menciptakan lingkungan hidup yang semakin bersih dan bermanfaat bagi kesehatan.

Kegiatan ini juga digunakan sebagai ajang campaign untuk mengurangi penggunaan wadah plastik yang limbahnya sangat berbahaya. Dari sampahnya yang sulit terurai dapat menyebabkan terganggunya rantai makanan, pencemaran air tanah hingga membunuh hewan dan makhluk hidup lainnya.

Dirmanti Jaya, Kepala KPKNL Dumai mengapresiasi kegiatan ini, karena sangat bermanfaat untuk mengenalkan unit Kemenkeu di Kota Dumai yang turut menjaga kebersihan lingkungan sekaligus memberi edukasi pentingnya lingkungan bersih kepada masyarakat.

Agar kegiatan lebih efektif peserta dibagi menjadi empat tim di empat titik Area Taman Bukit Gelanggang. Dengan menggunakan sarung tangan dan beberapa alat kebersihan, peserta membersihkan got kecil, mencabut rumput, dan memungut sampah-sampah.

Masyarakat tampak antusias dengan kegiatan “Kemenkeu Bersih-Bersih”, beberapa dari mereka ikut serta membersihkan lingkungan sekitar Taman Bukit Gelanggang.

Semoga kegiatan “Kemenkeu Bersih-Bersih” ini dapat menggugah masyarakat kota Dumai untuk selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuat sampah sembarangan dan mengurangi penggunaan plastik.

 (Teks/Foto : Seksi HI KPKNL Dumai)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini