Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Pembinaan Terpadu Kanwil DJKN RSK, Tingkatan Kualitas Kerja
Desy Agustin
Rabu, 03 Oktober 2018   |   272 kali

Dumai – Kamis, 27 September 2018, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai melaksanakan rapat dalam rangka pembinaan terpadu oleh Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (Kanwil DJKN RSK) bertempat di Seroja Meeting Room.

Pembinaan terpadu Kanwil DJKN yang dilaksanakan satu tahun sekali ini, dihadiri oleh perwakilan tiap-tiap bidang di Kanwil DJKN RSK. Bagian Umum Kanwil DJKN RSK membina Subbagian Umum, Bidang Lelang membina Seksi Pelayanan Lelang, Bidang Piutang Negara membina Seksi Piutang Negara, Bagian Penilaian membina Seksi Pelayanan Penilaian, Bidang Kepatuhan Internal dan Hukum Informasi memberi Seksi Kepatuhan Internal dan Seksi Hukum dan Informasi.

Dirmanti Jaya Kepala KPKNL Dumai sangat mengapresiasi kegiatan pembinaan terpadu yang di selenggarakan oleh Kanwil DJKN RSK ke KPKNL Dumai. Hasil evaluasi dan pembinaan Kanwil DJKN RSK ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kinerja KPKNL Dumai.

Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN RSK, R. Zulfi Meidiansyah menyampaikan tujuan kegiatan terpadu yaitu membina dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi yang dilaksanakan KPKNL yang berada diwilayah kerjanya.  Pembinaan Terpadu dari  bidang Lelang oleh Muhammad Nurrochman dan Nine Effrida Hutabarat, bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) oleh Lamrahman, Bidang Piutang Negara (PN) oleh Sri Eva Yordaningsih, dan bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI) oleh Ahmad Elazar. Sedangkan bidang Penilaian tidak mengirimkan perwakilan karena sudah dilakukan pembinaan pada bulan Mei 2018.

Menurut Zulfi sebagai Pembina Subbagian Umum, penggunaan aplikasi SMART pada KPKNL Dumai belum sepenuhnya digunakan. “Beberapa masukan dan kendala nantinya akan dihimpun di lapangan, sehingga untuk penggunaan selanjutnya dapat kita pantau” tambah Zulfi.

 “Sedangkan pada seksi Piutang Negara akan dilaksanakan penyesuaian antara data Pengurusan Piutang Negara yang tertuang pada Laporan KEP-96 dan aplikasi Focus PN” tutur Eva, Kepala Seksi Piutang Negara I Kanwil DJKN RSK.

Terkait seksi PKN, Lamrahman menyampaikan akan dilaksanakan evaluasi dan review pelaksanaan Sertifikasi tahun 2018 di KPKNL Dumai yang telah mencapai 100%. Juga evaluasi terkait administrasi dokumen pengelolaan BMN, Penetapan Status Penggunaan (PSP), Pemanfaatan, dan beberapa proses lainnya. Terkait Revaluasi BMN, akan dilakukan evaluasi form pendataan dalam rangka peningkatan kualitas.

Kepala Seksi Bimbingan Lelang II Kanwil DJKN RSK, Nurrochman menuturkan akan dilaksanakan evaluasi terkait pemusnahan kertas security, penatausahaan dokumen lelang, pemeriksaan Minuta dan review terkait lampiran Minuta sesuai Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor 5/KN/2017 tentang Risalah Lelang.

Elazar, Kepala Seksi Kepatuhan Internal Kanwil DJKN RSK menyampaikan terkait agenda pembinaan yang akan difokuskan terhadap tindak lanjut temuan Inspektorat Jenderal dan memberikan kuesioner ke tiap-tiap seksi, uji petik pengendalian internal dengan bahan dari Bulan Januari s.d. Agustus serta me-review penilaian kinerja.

Iling Saidah, Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Dumai menyampaikan saran agar kedepannya bidang Kihi juga melaksanakan pembinaan dan evaluasi kepada seksi Hukum dan Informasi terkait penanganan perkara dan penyediaan Informasi agar lebih berkualitas.

Setelah rapat ditutup, masing-masing perwakilan Kanwil DJKN RSK menuju ke subbagian atau seksi untuk melakukan pembinaan.

(Narasi & Dokumentasi : Desy Agustin , Editor : Iling Saidah)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini