Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Gelora 110 Lelang! Modern, Handal, Tepercaya!
Anike Dessa Ispridevi
Kamis, 01 Maret 2018   |   236 kali

Dumai-Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai memeriahkan  110 tahun Lelang Indonesia dengan mempersiapkan beberapa kegiatan. Dimulai dengan pemasangan spanduk dan umbul-umbul dilingkungan KPKNL. Kemudian pada hari Minggu (25/2/2018), dilaksanakan sosialisasi lelang kepada masyarakat di Pantai Pak Koneng Dumai dengan menyebarkan leaflet   dan memberitahukan kegiatan pekan lelang yang diadakan KPKNL Dumai tanggal 26 Februari sampai dengan 2 Maret 2018.

Dalam kegiatan Pekan Lelang setiap hari dilaksanakan lelang dengan frekuensi sebanyak enam kali antara lain lelang barang sitaan, lelang hak tanggungan dan lelang Barang Milik Negara (BMN). Pada acara puncak ulang tahun 110 Lelang Indonesia yang jatuh pada tanggal 28 Februari 2018, KPKNL Dumai melaksanakan Sosialisasi Lelang kepada pihak Perbankan.

Sosialisasi Lelang diselenggarakan di Seroja Meeting Room KPKNL Dumai (28/02/18). Guntur Sumitro Kepala KPKNL Dumai memberikan sambutan dimulai dengan Salam SEROJA dan sebuah pantun yang mencairkan suasana. Guntur mengatakan tujuan Sosialisasi Lelang ini untuk memberikan informasi peraturan terbaru terkait lelang sekaligus memeriahkan 110 tahun penyelenggaraan lelang di Indonesia. Guntur juga menyampaikan tahun 2018 KPKNL Dumai sedang mengikuti penilaian Kantor Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM). Di akhir sambutan Guntur membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Lelang ini dan tak lupa memberikan  pantun kembali sebagai penutup.

Nezaretta mewakili Kepala Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau menyampaikan sambutannya. Nezaretta menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada KPKNL Dumai yang secara terencana dan masif telah melaksanakan publikasi kegiatan terpadu dalam rangka memperingati 110 Tahun Lelang Indonesia. Nezaretta juga menyampaikan lelang di Indonesia diawali dengan diterbitkannya Undang-Undang Lelang pertama kali pada zaman penjajahan Belanda yang disebut VENDU REGLEMENT, Ordonantie 28 Februari 1908Staatsblad 1908: 189. Peraturan dasar lelang ini masih berlaku hingga saat ini dan menjadi dasar hukum penyelenggaraan lelang di Indonesia. Tujuan pelaksanaan peringatan “110 Tahun Lelang Indonesia” ini adalah untuk lebih memasyarakatkan lelang dan mengenalkan lelang lebih luas kepada publik.  Edukasi yang baik kepada masyarakat diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai lelang sebagai pilihan mekanisme jual beli barang yang ada saat ini.

Selanjutnya diputar video Sambutan Direktur Jenderal Kekayaan Negara, Isa Rahmatarwata dalam rangka peringatan “110 Tahun Lelang Indonesia”. Isa menyampaikan peran lelang saat ini menjadi penting, bukan hanya dalam hal mengumpulkan penerimaan negara tetapi juga sebagai salah satu sarana penuntasan masalah hukum, penuntasan masalah Non Performing Loan (NLP) di perbankan dan dalam konteks yang lebih luas, lelang menjadi bagian dari perekonomian yang lebih maju.

Materi sosialisasi dimulai dengan Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2018 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak Yang Berlaku Pada Kementerian Keuangan  dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 27/PMK.06/2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Lelang yang disampaikan oleh Nezaretta dan Elpin Pangeran Gultom, dilanjutkan dengan Sosialisasi Pengurusan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah yang disampaikan oleh Andrias mewakili Badan Pertanahan Nasional (BPN) Dumai dan terakhir Sosialisasi Pengosongan Objek Lelang Hak Tanggungan yang disampaikan oleh Andy Gustaf Hutabarat. Peserta sosialisasi sangat antusias, hal ini terlihat dari banyaknya pertanyaan dari para peserta.

Sebelum sosialisasi lelang ditutup, KPKNL Dumai memberikan plakat kepada perwakilan perbankan atas komitmen kerjasama dan sinergi yang baik antara KPKNL Dumai. Plakat juga diberikan kepada  Kantor Pertanahan Dumai.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini