Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
TUNTAS! Revaluasi BMN 2018
Anike Dessa Ispridevi
Selasa, 13 Februari 2018   |   487 kali

Dumai - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Dumai menyelenggarakan Sosialisasi dan Pendampingan Penilaian Kembali (Revaluasi) Barang Milik Negara (BMN) Tahun 2018 kepada satuan kerja di lingkungan wilayah kerja KPKNL Dumai di Seroja Meeting Room. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada 8-9 Februari 2018. 

Sosialisasi dihadiri Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Kanwil DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (RSK) Rahmat Effendi didampingi Kepala Seksi PKN II  Kanwil RSK, Lamrahman dan Tim Revaluasi BMN KPKNL Dumai.

Kepala KPKNL Dumai, Guntur Sumitro dalam sambutannya menyampaikan agar pelaksanaan Revaluasi BMN  tahun 2018 dalam dilaksanakan tepat waktu dan berkualitas sebagaimana  motto Revaluasi BMN Tahun 2018 “TUNTAS, Tepat Waktu dan Berkualitas”.  KPKNL harus bersinergi dan bekerjasama dengan satker. Guntur juga menyampaikan bahwa Revaluasi BMN tidak hanya dimonitor oleh DJKN tetapi juga oleh Kementerian/Lembaga.

Selanjutnya, Rahmat Effendi menjelaskan mengenai  latar belakang kegiatan Revaluasi BMN. Menurut Rahmat, proses inventarisasi BMN merupakan tugas satker sedangkan penilaian merupakan tugas KPKNL. Hasil inventarisasi dan Penilaian dituangkan dalam Laporan Hasil Inventarisasi dan Penilaian (LHIP). Satker merekam LHIP ke dalam aplikasi SIMAK BMN, yang selanjutkan data SIMAK BMN digunakan sebagai data sumber untuk rekonsiliasi Revaluasi BMN dengan KPKNL.  

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi penilaian BMN oleh Kepala Seksi Penilaian Marsiyati. Wanita yang baru promosi di KPKNL Dumai ini menjelaskan tentang Peraturan Penilaian Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 111/PMK.06/2017 tentang Penilaian BMN agar satker memiliki pemahaman terkait ketentuan di bidang penilaian BMN.

Sementara itu, penjelasan proses bisnis Revaluasi BMN dilakukan oleh Muhammad Ramdanny staff Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara dengan materi antara lain cara pengisian form pendataan tanah, bangunan, jalan, jembatan dan bangunan air. Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab para peserta. Beberapa pertanyaan yang diajukan terkait persiapan, kelengkapan administrasi dan teknis pelaksanaan Revaluasi BMN.

Untuk simulasi aplikasi Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) dipandu oleh Muhammad Ramdanny. Simulasi mulai dari melengkapi data BMN di fitur Master Aset, update data SIMAK BMN pada fitur Pemutakhiran dan mempelajari proses penyusunan revaluasi BMN pada fitur Revaluasi BMN.

Di akhir acara, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Indra Sabar menghimbau agar Satuan Kerja dapat mulai mempersiapkan dokumen administrasi serta melakukan koordinasi dengan tim KPKNL terkait waktu pelaksanaan survei tanah. Revaluasi BMN 2018, Tuntas!

(Narasi: Desy Agustin, Foto: Hanry Abi Himawan, Desy Agustin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini