Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Dumai > Berita
Menteri Keuangan Berikan Penghargaan Kantor Pelayanan Terbaik Kepada KPKNL Dumai
Anike Dessa Ispridevi
Kamis, 02 November 2017   |   318 kali

Jakarta - Dalam rangka meningkatkan rasa kebangsaan pegawai Kementerian Keuangan, diselenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Oeang Republik Indonesia ke-71, Senin (30/10/2017). Upacara yang dimulai pukul 07.30 WIB ini dilaksanakan  di Lapangan Kantor Pusat Kementerian Keuangan, Jalan Lapangan Banteng Jakarta Pusat. Pembina Upacara  adalah Menteri Keuangan Republik Indonesia Sri Mulyani Indrawati. Upacara diikuti perwakilan pegawai kantor pusat Kementerian Keuangan dan para undangan.  

Pelaksanaan Upacara peringatan Hari Oeang kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena seluruh pejabat memakai pakaian adat/nusantara yang mencerminkan kebhinekaan. Sebagai salah satu peserta undangan, Kepala KPKNL Dumai  Guntur Sumitro sendiri menggunakan pakaian adat melayu karena KPKNL Dumai sendiri ada di Provinsi Riau yang kebanyakan penduduknya adalah orang melayu. 

Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 696/KMK.01/2017 Tentang Penetapan Kantor Pelayanan Terbaik Di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2017, KPKNL Dumai ditetapkan sebagai Peringkat Kedua Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2017. Piagam Penghargaan diserahkan  secara langsung oleh Sri Mulyani Indrawati kepada Guntur Sumitro.     

Setelah memberikan penghargaan, Sri Mulyani Indrawati menyampaikan pesan kepada seluruh aparatur Kementerian Keuangan untuk fokus membangun APBN yang kuat dan efektif dalam mencapai target-target pembangunan, dan juga harus fokus memerangi pemborosan, ketidakefisienan, korupsi dan kebocoran anggaran negara. APBN adalah uang rakyat yang harus sepenuhnya kembali pemanfaatannya untuk menciptakan kemakmuran rakyat yang berkeadilan.

Selain itu, Sri Mulyani Indrawati yang pernah menjabat sebagai direktur Bank Dunia ini juga mengatakan agar Kementerian Keuangan terus meningkatkan komunikasi dengan segenap pemangku kepentingan secara efektif dan terpercaya. Langkah-langkah dalam komunikasi publik yang sesuai dengan media dan cerdas serta tepat dalam isi, dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dan mewujudkan dukungan publik pada kebijakan pembangunan, dengan demikian diharapkan masyarakat dapat terlibat dan berpartisipasi aktif dalam implementasi kebijakan tersebut.

Lomba Kantor Pelayanan Terbaik di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2017 telah dimulai sejak diusulkannya KPKNL Dumai oleh Kantor Wilayah DJKN Riau, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau pada bulan Februari 2017. Pada tanggal 19 Juli 2017, KPKNL Dumai didatangi oleh Tim Penilai Awal kantor Pelayanan Terbaik untuk melakukan Penilaian Awal Kantor Pelayanan Terbaik dan pada tanggal 30 Agustus 2017 Kepala KPKNL Dumai Guntur Sumitro didampingi beberapa pegawai KPKNL Dumai terbang ke Kantor Pusat Kementerian Keuangan untuk memenuhi panggilan Penilaian Akhir Kantor Pelayanan Terbaik.

Menurut Guntur Sumitro yang memiliki hobby bersepeda ini,  predikat Kantor Pelayanan Terbaik Kedua di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun 2017, merupakan hasil sinergi sumber daya manusia KPKNL Dumai. Dengan motto SEROJA (Semangat, Energik, Ramah, Optimis, Jujur dan Amanah), KPKNL Dumai memberikan pelayanan kepada masyarakat dan pengguna jasa yang efektif dan efisien.

Dengan pencapaian sebagai  Kantor Pelayanan Terbaik Kedua ini diharapkan dapat menjadi pemacu gelora semangat bagi seluruh pegawai KPKNL Dumai agar dapat lebih baik dalam mengabdi kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selamat Hari Oeang ke 71!

(Naskah: Anike Dessa Ispridevi, Editor : Iling Saidah/Foto : Anike Dessa Ispridevi dan Dokumentator Hari Oeang 71)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini