Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bersama Pro 1 RRI Denpasar, KPKNL Denpasar Sampaikan Tusinya
I Dewa Ayu Oka Maya Saputri Artini
Rabu, 20 Juli 2022   |   265 kali

Denpasar –  Salah satu pejabat fungsional Penilai Pemerintah Ahli Muda Arif Subagyo berkesempatan menjadi narasumber dalam acara Dialog Lintas Denpasar Sore yang bertajuk Tugas dan Fungsi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Denpasar pada Selasa, (19/7).  Acara dipandu  oleh presenter RRI Hapsarina Tjoa yang sering disapa DJ ini dilakukan secara on air yang juga di-broadcast pada kanal live youtube RRI Denpasar.


Arif Subagyo menjelaskan mulai dar tugas dan fungsi KPKNL Denpasar, sejarah berdirinya KPKNL, struktur organisasi, wilayah kerja, sampai dengan peran KPKNL Denpasar dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi covid-19.


Dialog diawali dengan perkenalan dan presenter DJ menanyakan apa sih KPKNL itu? KPKNL adalah kantor unit internal di bawah Kementerian Keuangan, yang memiliki  tugas terkait pengelolaan kekayaan Negara, pelayanan lelang kepada masyarakat, penagihan piutang Negara yang diserahkan oleh  pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dan ada satu lagi tugas KPKNL adalah melakukan layanan penilaian yang diajukan instansi pemerintah maupun daerah, jelas Subagyo.


DJ juga menyampaikan rasa penasarannya, siapa yang berhutang kepada negara? Subagyo kembali menjelaskan apa itu piutang negara dan bagaimana proses bisnis piutang negara dan siapa penyerah piutang Negara tersebut.

Ia juga memaparkan mengenai program pemerintah berupa keringanan utang  dan syarat- syarat yang harus dipenuhi untuk mengikuti program keringanan  utang ini, antara lain yaitu  perorangan atau badan hukum UMKM dengan utang maksimal Rp5 miliar,perorangan yang menerima KPR/ RRS dengan pagu kredit maksimal Rp100 juta, dan perorangan  atau badan hukum yang masih memiliki kewajiban sebesar Rp1 miliar.


Dalam sesi interaktif ada tiga penanya dari masyarakat  antara lain yaitu dari chandra yang menanyakan bagaimana KPKNL Denpasar menaksir harga barang yang di lelang? Subagyo menjelaskan pelayanan penilaian KPKNL Denpasar melayani permohonan penilaian dari instansi pemerintah yang berada di wilayah kerja KPKNL Denpasar. “Dengan tujuan penyusunan laporan keuangan, pemanfaatan/sewa dan pemindahtanganan (penghapusan/penjualan-red). Penilaian dilakukan dengan metode pendekatan pasar, biaya, dan data pembanding,” ungkapnya.                    .


Pertanyaan kedua Kadek Yulian menanyakan bagaimana proses lelang hak tanggungan, dijelaskan juga bagaimana KPKNL Denpasar yang dulu melaksanakan lelang konvensional dan sekarang telah ada platform  www.lelang.go.id sehingga dimudahkannya masyarakat untuk ikut lelang melalui website resmi DJKN tersebut.

Pertanyaan ketiga dari Ario yang menanyakan mengenai besaran keringanan utang dari penyerahan rumah sakit sanglah. Subagyo menjelaskan prosentase tarif keringanan utang pokok berdasarkan waktu pelunasannya. Dengan dilaksanakannya acara dialog ini, diharapkan masyarakat luas lebih mengenal tugas dan fungsi KPKNL Denpasar.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini