Sebagai pembuka di tahun 2021, KPKNL Denpasar
mengadakan rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan IV Tahun Anggaran
2020 pada Rabu (06/01) secara daring. Yoyok Santoso selaku Kepala Seksi
Kepatuhan Internal membukan kegiatan dengan menyatakan Ikhtisar Capaian Kinerja
KPKNL Denpasar pada tahun 2020 terbilang sangan baik, dengan Nilai Kinerja
Organisasi (NKO) sebesar 102, 39. Nilai ini merupakan nilai tentatif sehingga
dapat berubah lebih tinggi melihat beberapa komponen seperti Revaluasi BMN yang
masih berjalan sampai saat ini. Dari keseluruhan Indikator Kinerja Utama (IKU),
sebanyak 18 (delapan belas) IKU telah memenuhi target. Setahun penuh pandemi
Covid-19 memberikan dampak yang cukup mendalam pada IKU KPKNL Denpasar. Hal ini
berakibat pada beberapa IKU yang belum terpenuhi targetnya serta masih dalam
proses pemenuhan target.
Menurut Johanes Kristianto selaku Kepala Seksi
Pelayanan Kekayaan Negara (PKN), tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan.
Naiknya target serta kondisi Covid-19 yang tidak kunjung membaik membuat
terealisasinya IKU secara penuh menjadi terhambat. Sampai pada hari ini, IKU
Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam hal Pengelolaan Kekayaan Negara
(PKN) mencapai persentase sekitar 60%. Sedangkan IKU Revaluasi BMN
persentasenya sudah mencapai 97,31%. Kristianto yakin IKU Seksi PKN akan
tercapai dengan nilai yang baik pada waktu dekat. Di sisi lain, Seksi Pelayanan
Lelang menyayangkan target lelang yang belum tercapai sebagai salah satu efek
dari pandemi yang masih berlangsung. Hidayat Hasanuddin selaku Kepala Seksi
Pelayanan Lelang menjelaskan, KPKNL Denpasar telah melaksanakan lelang aset
berupa Hotel dengan pokok lelang yang cukup tinggi namun, lelang tersebut tidak
membuahkan hasil yang baik melihat industri pariwisata dan ekonomi saat ini
turut memburuk. Hidayat juga menyatakan dengan adanya aturan baru terkait
Jabatan Fungsional Pelelang, tahun 2021 menjadi tantangan baru melihat petunjuk
teknis yang berubah dari aturan lelang sebelumnya. Kedepannya, Seksi Pelayanan
Lelang akan terus meningkatkan mindset pelayanan serta komunikasi dengan
stakeholders sehingga proses pelaksanaan lelang lebih maksimal dan optimal.
Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Albertus Arif
Subagyo menjelaskan bahwa pelaksanaan penilaian kembali (Revaluasi BMN) kali
ini telah diselesaikan dengan baik dan lancar. IKU yang telah ditargetkan juga
sudah tercapai dengan nilai yang baik. Arif juga menyampaikan atas ketentuan
dan nota dinas terbaru dari Kantor Pusat DJKN bahwa terdapat beberapa perubahan
dan informasi penting lain seperti mekanisme penugasan dan pembagian bebas
kerja yang perlu dipelajari dan ditanamkan pada proses penilaian, khususnya
untuk Jabatan Fungsional Penilai sehingga pegawai dapat memenuhi target dan IKU
masing-masing. Kemudian, Fahrizi Fatahillah selaku Kasubbag Umum juga
menjelaskan terkait persentase pengembangan kompetensi pegawai yang targetnya
telah tercapai sangat baik berkat partisipasi seluruh pegawai KPKNL Denpasar
yang semangat dalam mengikuti e-learning maupun pelatihan lainnya.
Fahrizi juga menginformasikan bahwa tahun 2021, banyak pelatihan baru yang
disediakan oleh Kantor Pusat DJKN dan dapat diikuti oleh pegawai KPKNL
Denpasar.
Menutup kegiatan Rapat DKO Triwulan IV, Wahyu
Nendro selaku Kepala KPKNL Denpasar memberikan apresiasi atas kerja keras dan
kontribusi penuh seluruh pegawai selama Tahun Anggaran 2020. Beliau berpesan
untuk tetap menjaga konsistensi semangat bekerja, memberikan extra effort
baik dari sisi pelayanan maupun penyelesaian tugas, serta menjaga kedisiplinan
dan integritas. Wahyu juga berharap tahun 2020 menjadi pelajaran dan bekal bagi
KPKNL Denpasar dalam rangka menyongsong tantangan baru di tahun 2021.
(Tim Humas KPKNL Denpasar)