Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Perdana di 2021 - Rapat DKO Triwulan IV Tahun 2020
Isnyn Meila Rakhmy
Rabu, 06 Januari 2021   |   161 kali

Sebagai pembuka di tahun 2021, KPKNL Denpasar mengadakan rapat Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan IV Tahun Anggaran 2020 pada Rabu (06/01) secara daring. Yoyok Santoso selaku Kepala Seksi Kepatuhan Internal membukan kegiatan dengan menyatakan Ikhtisar Capaian Kinerja KPKNL Denpasar pada tahun 2020 terbilang sangan baik, dengan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sebesar 102, 39. Nilai ini merupakan nilai tentatif sehingga dapat berubah lebih tinggi melihat beberapa komponen seperti Revaluasi BMN yang masih berjalan sampai saat ini. Dari keseluruhan Indikator Kinerja Utama (IKU), sebanyak 18 (delapan belas) IKU telah memenuhi target. Setahun penuh pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup mendalam pada IKU KPKNL Denpasar. Hal ini berakibat pada beberapa IKU yang belum terpenuhi targetnya serta masih dalam proses pemenuhan target.



Menurut Johanes Kristianto selaku Kepala Seksi Pelayanan Kekayaan Negara (PKN), tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan. Naiknya target serta kondisi Covid-19 yang tidak kunjung membaik membuat terealisasinya IKU secara penuh menjadi terhambat. Sampai pada hari ini, IKU Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dalam hal Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) mencapai persentase sekitar 60%. Sedangkan IKU Revaluasi BMN persentasenya sudah mencapai 97,31%. Kristianto yakin IKU Seksi PKN akan tercapai dengan nilai yang baik pada waktu dekat. Di sisi lain, Seksi Pelayanan Lelang menyayangkan target lelang yang belum tercapai sebagai salah satu efek dari pandemi yang masih berlangsung. Hidayat Hasanuddin selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang menjelaskan, KPKNL Denpasar telah melaksanakan lelang aset berupa Hotel dengan pokok lelang yang cukup tinggi namun, lelang tersebut tidak membuahkan hasil yang baik melihat industri pariwisata dan ekonomi saat ini turut memburuk. Hidayat juga menyatakan dengan adanya aturan baru terkait Jabatan Fungsional Pelelang, tahun 2021 menjadi tantangan baru melihat petunjuk teknis yang berubah dari aturan lelang sebelumnya. Kedepannya, Seksi Pelayanan Lelang akan terus meningkatkan mindset pelayanan serta komunikasi dengan stakeholders sehingga proses pelaksanaan lelang lebih maksimal dan optimal.

 


Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, Albertus Arif Subagyo menjelaskan bahwa pelaksanaan penilaian kembali (Revaluasi BMN) kali ini telah diselesaikan dengan baik dan lancar. IKU yang telah ditargetkan juga sudah tercapai dengan nilai yang baik. Arif juga menyampaikan atas ketentuan dan nota dinas terbaru dari Kantor Pusat DJKN bahwa terdapat beberapa perubahan dan informasi penting lain seperti mekanisme penugasan dan pembagian bebas kerja yang perlu dipelajari dan ditanamkan pada proses penilaian, khususnya untuk Jabatan Fungsional Penilai sehingga pegawai dapat memenuhi target dan IKU masing-masing. Kemudian, Fahrizi Fatahillah selaku Kasubbag Umum juga menjelaskan terkait persentase pengembangan kompetensi pegawai yang targetnya telah tercapai sangat baik berkat partisipasi seluruh pegawai KPKNL Denpasar yang semangat dalam mengikuti e-learning maupun pelatihan lainnya. Fahrizi juga menginformasikan bahwa tahun 2021, banyak pelatihan baru yang disediakan oleh Kantor Pusat DJKN dan dapat diikuti oleh pegawai KPKNL Denpasar.

 


Menutup kegiatan Rapat DKO Triwulan IV, Wahyu Nendro selaku Kepala KPKNL Denpasar memberikan apresiasi atas kerja keras dan kontribusi penuh seluruh pegawai selama Tahun Anggaran 2020. Beliau berpesan untuk tetap menjaga konsistensi semangat bekerja, memberikan extra effort baik dari sisi pelayanan maupun penyelesaian tugas, serta menjaga kedisiplinan dan integritas. Wahyu juga berharap tahun 2020 menjadi pelajaran dan bekal bagi KPKNL Denpasar dalam rangka menyongsong tantangan baru di tahun 2021.

 

(Tim Humas KPKNL Denpasar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini