Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Diskusi Pagi KPKNL Denpasar: Dialog Kinerja Organisasi Triwulan III
Isnyn Meila Rakhmy
Kamis, 08 Oktober 2020   |   136 kali

Rabu (07/10), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Denpasar kembali mengadakan video conference dalam rangka membahas Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Triwulan III Tahun Anggaran 2020. Rapat online ini diadakan dengan tujuan untuk memastikan target kinerja dapat tercapai melihat triwulan terakhir sudah di depan mata. Wahyu Nendro selaku Kepala Kantor menyatakan, Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi target KPKNL Denpasar  menjadi tantangan bagi para pegawai agar semakin bekerja keras. Beliau berharap pembahasan DKO kali ini dapat menentukan langkah ke depan sehingga organisasi memiliki kinerja lebih baik. Semenjak pandemi Covid-19 berlangsung, tidak sedikit realisasi IKU yang mengalami perubahan drastis. Hal ini berdampak langsung terhadap tidak maksimalnya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) baik dari sisi penerimaan lelang maupun pengelolaan kekayaan negara. Menurut Kristianto selaku Kepala Seksi Pelayanan Kekayaan Negara (PKN), satuan kerja yang dikelola oleh KPKNL Denpasar kurang aktif dalam mengajukan permohonan pemanfaatan Barang Milik Negara-nya. Saat ini, Seksi PKN telah berkoordinasi dengan satker yang memiliki potensi utilisasi lebih kurang Rp3 triliyun. Nantinya, apabila utilisasi ini berjalan dengan lancar, target IKU pengelolaan kekayaan negara akan tercapai hijau statusnya.

Di sisi lain, Seksi Pelayanan Lelang terus menggiatkan koordinasi serta penggalian potensi lelang demi mencapai target PNBP, pokok lelang, dan frekuensi lelang. Hidayat Hasanuddin selaku Kepala Seksi Pelayanan Lelang mengakui bahwa pandemi Covid-19 memberikan efek menurunnya permohonan lelang dan minat masyarakat untuk mengikuti lelang. Melalui sosialiasi, media sosial, serta beberapa langkah lainnya, Hidayat terus mempromosikan kegiatan lelang. Kemudian pada Seksi Piutang Negara, telah dilakukan profiling kepada debitur yang pengurusan piutang negaranya diperkirakan dapat terselesaikan. Menurut Ni Made Sukanari, Kepala Seksi Piutang Negara, hal ini dapat membantu tercapainya IKU Outstanding dan efektivitas penyelesaian BKPN sampai dengan Triwulan IV nanti. Selain mengisi target IKU, saat ini Seksi Piutang Negara sedang giat melakukan Stock Opname sesuai dengan arahan Direktur PNKNL. Sekitar 72% kegiatan Stock Opname baik BKPN Aktif maupun Inaktif telah dilaksanakan dengan lancar. Rapat DKO dilanjutkan dengan pembahasan hasil Revaluasi BMN sampai dengan minggu kedua bulan Oktober 2020. Per tanggal 7 Oktober 2020, sebanyak 30.962 fomulir revaluasi BMN telah dieksekusi. Albertus Arif Subagyo selaku Kepala Seksi Pelayanan Penilaian mengungkapkan, saat ini tim revaluasi BMN sedang fokus dalam pengerjaan dua satker besar yaitu Satker Zidam/IX Udayana dan BWS Bali-Penida dan ditargetkan selesai akhir bulan ini. Arif juga optimis bahwa KPKNL Denpasar akan menyelesaikan revaluasi BMN dengan lancar.

Kegiatan ditutup dengan pesan Kepala KPKNL Denpasar agar bekerja keras dengan semangat dan sungguh-sungguh. Beliau juga beramanat untuk tidak putus komunikasi ke stakeholders baik satuan kerja maupun perbankan serta memberikan pelayanan sepenuh hati agar kinerja pegawai dan organisasi optimal sehingga target IKU dapat tercapai.

(Tim Humas KPKNL Denpasar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini