Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Puluhan Kendaraan Pemkab Klungkung Terjual Melalui Lelang
I Wayan Dipayana Ekantara
Rabu, 18 Juli 2018   |   415 kali

Semarapura—Rabu (11/07/2018), bertempat di halaman kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung, dilaksanakan lelang Barang Milik Daerah (BMD) Pemkab Klungkung berupa 22 (dua puluh dua) unit Kendaraan Bermotor.

Lelang dalam rangka penghapusan BMD ini merupakan seri kedua dari tiga seri (Lelang pertama dilaksanakan pada Rabu tanggal 4 Juli 2018) lelang ini juga dihadiri oleh Kepala KPKNL Denpasar, Wahyu Nendro dan Pelaksana Tugas (PLT)  Kepala Kantor BPKPD Pemkab Klungkung, Wayan Sumarta.

Lelang yang dilaksanakan dengan sistem e-konven ini diikuti oleh puluhan peserta peminat kendaraan baik yang berasal dari Bali maupun Jawa. Antusiasme peserta nampak sangat besar, terlihat para peserta lelang sudah berkumpul sebelum lelang dimulai di halaman kantor BPKPD. Mereka yang datang berasal dari daerah di Bali termasuk ada yang dari Malang dan Kudus, Jawa Timur.

Sistem lelang e-konven merupakan gabungan antara sistem lelang e-auction dan sistem lelang konvensional dengan kehadiran peserta. Dalam sistem lelang e-konven ini para peserta dapat mendaftar secara elektronik, namun untuk ikut lelang masih secara konvensional yakni dengan hadir langsung di lokasi lelang.

Barang yang dilelang kali ini terdiri dari 4 (empat) unit kendaraan roda empat dan 18 (delapan belas) kendaraan roda dua yang rata-rata rusak berat. Setelah membacakan risalah lelang, pejabat lelang Agoeng Asmynendar, mulai menawarkan satu persatu lot lelang.

Sebagian besar harga lelang mengalami kenaikan dan ada beberapa kendaraan yang menjadi favorit seperti Mobil Sedan Honda Accord CM5 MT Tahun 2005, yang mesinnya masih relatif bagus menjadi rebutan dan terjadi persaingan harga yang sangat sengit, bahkan Paket Kendaraan yang terdiri atas 2 (dua) unit Dump Truck Type FE144 tahun 1987 mengalami kenaikan harga sampai empat kali lipat dari harga limit yang ditetapkan oleh Penjual.

Kepala Bidang (Kabid) aset maupun Plt. Kepala Kantor BPKPD Klungkung tidak menyangka harga lelang dapat naik beerpaa kali lipat. “Kami sangat terkejut dan tidak menyangka, bakal laku semua, karena ada beberapa kendaraan yang kami rasa harganya masih tinggi, namun berhasil laku semua dan ada yang naik dua kali lipat dan bahkan empat kali lipat dari harga limit,” ungkap Wayan Sumerta dengan sumringah.

Wahyu Nendro, saat pelaksanaan lelang tersebut turut hadir memantau kelancaran acara. Dalam kesempatan itu, Wahyu Nendro juga sekaligus melakukan koordinasi dan penggalian potensi lelang. Beliau menjelaskan lelang merupakan salah satu proses bagian dari pengelolaan BMN dan BMD sehingga dapat terwujud laporan dan pertanggungjawaban yang transparan dan akuntabel.

Wayan Sumerta juga mengungkapkan harapannya agar sinergi antara Pemkab Klungkung dan DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara) cq. KPKNL Denpasar dapat terus terjalin. Dia mengharapkan agar dapat secara rutin dilakukan sosialisasi tentang Pengelolaan BMN/D. (Foto dan Teks: Dipa)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini