Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kunci Meraih Kinerja Lelang Terbaik: Kerja keras, Militan, dan Pelayanan Maksimal
I Wayan Dipayana Ekantara
Selasa, 27 Maret 2018   |   202 kali

Denpasar—Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Denpasar (KPKNL Denpasar) mendapatkan penghargaan sebagai KPKNL dengan Kinerja Lelang Terbaik I Tahun 2017, menyisihkan 69 KPKNL Lainnya. Penghargaan tersebut diumumkan pada acara Rapat Kerja Lelang Nasional Tahun 2018 yang berlangsung selama tiga hari pada tangga 14 s.d.16 Maret 2018 di Swiss-Belhotel, Jakarta.

Piagam Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwatra kepada Syamsudin, Kepala KPKNL Denpasar. Syamsudin sendiri mengaku tidak pernah menyangka KPKNL Denpasar akan mendapatkan Penghargaan ini. “Yang saya ketahui KPKNL Denpasar hanya masuk nominasi untuk memeroleh pengharaan di bidang Kinerja Pejabat Lelang (PL) saja. Jadi ini merupakan surprise bagi kami,” ungkapnya.

Senada dengan Syamsudin, Wisnu Ary Pratama, Kepala Seksi Pelayanan Lelang KPKNL Denpasar juga tidak pernah menyangka akan memeroleh Penghargaan dalam Kinerja KPKNL dalam lelang. “Semula saya memperkirakan yang akan mendapatkan penghargaan adalah KPKNL Surabaya karena dari segi capaian pokok lelang, KPKNL Surabaya yang tertinggi. Jadi, saya tidak pernah menyangka dan menduga, kami (KPKNL Denpasar) akan menjadi KPKNL dengan Kinerja Terbaik,” ujar pria asal Malang ini.

Akhirnya pada saat penerimaan penghargaan Wisnu mengetahui bahwa ternyata yang dinilai bukan hanya capaian pokok lelang saja. Kinerja Lelang ini berdasarkan penjumlahan nilai dari beberapa kategori seperti persentase realisasi pokok lelang, nominal realisasi pokok lelang, persentase realisasi PNBP lelang,  nominal realisasi PNBP lelang, persentase pelaksanaan lelang e-auction, dan persentase realisasi frekuensi lelang. Berdasarkan kategori-kategori tersebut, KPKNL Denpasar meraih nilai tertinggi.

Dan ketika ditanya apa kiat-kiat bisa melampau target lelang. Wisnu menjelaskan beberapa rahasianya, “Kerja keras, militan, dan pelayanan maksimal. Permohonan yang masuk dan sudah lengkap tidak bisa di-stop. permohonan mengalir terus. Kalau mau dihentikan bisa saja ketika frekuensi lelang mencapai 700 (120 persen dari target) namun demi pelayanan dan kepuasan stakeholder dan memaksimalkan kinerja akhirnya sebisa mungkin lelang jalan terus dan akhirnya mencapai frekuensi lebih dari 800 frekuansi,” ujar Wisnu dengan penuh semangat

Wisnu juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada semua pegawai dan seksi yang ada di KPKNL Denpasar, dia mengatakan prestasi ini merupakan Kebanggaan tersendiri. “Semua kerja, saling terhubung, mata rantai jalan atas dukungan semua seksi baik Subbag umum, Seksi Hukum dan Informasi yang selalu memberikan konsul hukum dan semua seksi lainnya dimana terdapat PL, Semuanya mendukung.”

Baik Wisnu dan Syamsudin berharap Tim Lelang KPKNL Denpasar dapat mempertahankan prestasi dan selalu meningkatkan Kinerja mengingat Tantangan ke depan makin berat seperti adanya Tantangan yang baru seperti adanya  IKU (Indeks Kinerja Utama) baru 30 persen harus laku, mempertahankan lebih berat daripada meraih. perlu kerja lagi, semua seksi lebih support. (dipa)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini