Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Monitoring Evaluasi Pengurusan Piutang Negara Dan Crash Program Keringanan Utang
Irfan Rachmat Devianto
Minggu, 06 Juni 2021   |   154 kali

Kamis (3/6) KPKNL Cirebon mengikuti kegiatan Monitoring Evaluasi Pengurusan Piutang Negara s.d. Semester I Tahun 2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh perwakilan KPKNL di wilayah Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat. KPKNL Cirebon diwakili oleh Kepala KPKNL Cirebon Dwi Wahyudi, Kepala Seksi Piutang Negara Suwadi Tristiyawan dan staf Hasan Basari. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Kanwil DJKN Jawa Barat ini, membahas capain piutang negara yang telah dicapai hingga semester I dan mitigasi yang akan dilakukan.

Kegiatan Monitoring Evaluasi Pengurusan Piutang Negara s.d. Semester I Tahun 2021 dipimpin langsung oleh Kepala Kanwil DJKN Jabar Tavianto Noegroho. Kegiatan ini mengevaluasi capaian IKU Piutang Negara dan mengevaluasi capaian Crash Program Keringanan Utang ditingkat Kanwil dan KPKNL. Selain itu juga dilaksanakan Forum Group Discussion draft RPMK Penyelesaian Piutang Daerah yang tidak bisa diserahkan ke PUPN.

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan c.q. Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) memberikan keringanan utang bagi masyarakat yang ingin melunasi utang kepada negara.⁣ Crash Program Keringanan Utang merupakan upaya penagihan dalam kegiatan optimalisasi piutang negara untuk mempercepat penyelesaian piutang negara. Keringanan utang yang diberikan antara lain pengurangan pembayaran pelunasan utang oleh Penangung Utang dengan diberikan pengurangan pokok, bunga, denda, ongkos/biaya atau beban lain. Tercatat sampai dengan saat ini 6 (enam) Penanggung Hutang telah mengajukan permohonan Keringanan Utang dan telah melunasinya.

Dengan monitoriing dan evaluasi yang dilakukan ini, harapannya dapat diperoleh solusi atas kendala dilapangan dan kegiatan yang perlu dilakukan dalam mensosialisasikan program ini agar makin banyak debitur yang memanfaatkan fasilitas crash program ini.



Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini