Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
KPKNL Cirebon Optimis Nilai Kinerja Organisasi 101,50% di Tahun 2020
Irfan Rachmat Devianto
Jum'at, 18 Desember 2020   |   122 kali

    (18/12) Siapa yang mengira tahun 2020 menjadi tahun yang penuh tantangan dengan adanya pandemi Covid-19 yang menghantam berbagai lini perekonomian. Tetapi tantangan itu sendiri telah lebih dahulu ada didepan KPKNL Cirebon dengan pendatanganan Kotrak Kinerja didepan aset idle eks BPKP Cirebon, hal ini dilakukan untuk menjadi trigger bagi para punggawa keuangan KPKNL Cirebon. Pembukaan tersebut membuka pemaparan Dwi Wahyudi Kepala KPKNL Cirebon pada rapat konsolidasi Kantor wilayah DJKN Jawa Barat tahun 2020.  

    Kegiatan konsolidasi semester II tahun 2020 dilakukan secara daring dan dibuka oleh Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Tavianto Noegroho. Kepala Kanwil Jabar berpesan bahwa KPKNL yang berada di Jawa Barat merupakan kantor laboratorium, meskipun cakupannya tidak luas tetapi pastikan selalu memberikan kinerja yang terbaik dan menjadi benchmark bagi KPKNL diluar Jawa Barat. Dalam kegiatan konsolidasi ini KPKNL Cirebon tergabung di sesi 3 bersama dengan KPKNL Tasikmalaya yang dipandu oleh Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Jawa Barat Aceng Mahmud. Dwi Wahyudi dalam pemaparannya optimis mencapai Nilai Kinerja Organisasi 101,50% di akhir tahun 2020, karena per tanggal 18 Desember 2020 NKO KPKNL Cirebon telah berada diposisi 100,58% dan memungkinkan untuk terus naik. Selanjutnya, untuk rencana kerja KPKNL Cirebon di tahun 2021 dibidang Pengelolaan Barang Milik Negara salah satunya adalah pengelolaan BMN terindikasi idle. Rencana kegiatan yang dilakukan adalah dengan mengevaluasi portofolio BMN yang telah dibentuk pada satuan kerja Kementerian Keuangan untuk menentukan aset yang terindikasi idle. KPKNL Cirebon juga terus berkomitmen terhadap integritas dan pecegahan gratifikasi melalui implementasi  Zona Integritas menuju WBK/WBBM secara mandiri. Dalam dukungan manajemen Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan Flexsible Working Space (FWS), KPKNL Cirebon telah melakukan implementasi secara digital dalam pelaksanaan proses bisnis, dan meminimalisir pegawai yang hadir dkantor. Bentuk upaya pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 juga dilakukan dengan terus memonitoring kesehatan pegawai melalui pertemuan setiap selasa pagi secara daring dan pemberian suplemen untuk menjaga kesehatan.

    KPKNL Cirebon juga melakukan sinergi dengan unit kemenkeu lain di ciayumajakuning melalui berbagai kegiatan baik kedinasan maupun non kedinasan. Sinergi juga dilakukan dengan pemerintah daerah melalui edukasi penilaian BMN, dengan pemohon lelang melalui publikasi lelang dan dengan satuan kerja kementerian/lembaga melalui forum diskusi pengelolaan BMN. Harapannya dengan adanya sinergi dengan berbagai pihak dapat menjaga reputasi KPKNL Cirebon dalam implementasi nilai-nilai Kementerian Keuangan dan sebagai upaya pencegahan gartifikasi.

    Kepala Kanwil DJKN Jabar menutup kegiatan rapat koordinasi ini dengan mengingatkan seluruh jajarannya untuk selalu menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanakan proses bisnis. Serta mengajak KPKNL di Jawa Barat untuk menjadi problem solving diwilayahnya masing-masing, dan berharap KPKNL dapat menginisiasi suatu komunitas binaan apapun bentuknya dengan sumberdaya yang ada. Sehingga KPKNL di Jawa Barat dapat menghidupkan tone of the top serta menjadi role model di tengah masyarakat diluar proses bisnis yang biasa dilakukan.

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini