Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Virtual Visit KPKNL Cirebon, Dirjen KN Tantang KPKNL Cirebon Lakukan Pengelolaan BMN Idle
Irfan Rachmat Devianto
Senin, 26 Oktober 2020   |   96 kali

Sabtu (24/10), Kunjungan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Bapak Isa Rachmatarwata yang dilakukan secara virtual, bersama dengan Sekretaris DJKN, seluruh Direktur dan Tenaga Pengkaji di lingkungan Kantor Pusat DJKN, termasuk Direktur Utama LMAN. Dalam kunjungan virtual tersebut turut hadir Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat Bapak Tavianto Noegroho beserta Para Kepala Bidang dan Kepala Bagian Umum.  KPKNL Cirebon mengajak para peserta untuk melihat pengelolaan BMN idle yang telah dilakukan dalam tayangan video. Terhadap aset BMN eks idle yang  diserahkan kepada KPKNL Cirebon, telah dilakukan pemeliharan atas aset rumah negara dalam kondisi rusak ringan. Kedepannya terhadap 2 unit rumah negara yang berada dalam satu hamparan dengan tanah KPKNL Cirebon akan diusulkan penetapan statusnya sebagai rumah dinas KPKNL Cirebon. Untuk aset BMN eks idle yang terletak di jalan Evakuasi kecamatan Kesambi yang memiliki letak strategis di kawasan komersial, KPKNL Cirebon akan merencanakan pemanfaatan aset tersebut dengan sebelumnya melakukan kajian Highest and Best Use untuk menentukan bentuk pemanfaatan yang sesuai.

Dirjen KN men-challenge KPKNL Cirebon untuk melakukan pengelolaan BMN atas aset eks BPKP perwakilan Cirebon yang terletak di pusat kota Cirebon, dengan segera melakukan koordinasi terkait pemanfaatan aset tersebut. Hal ini dilakukan mengingat kondisi aset yang underutilized, sehingga pihak pemerintah daerah mulai menaksir aset tersebut. Kondisi ini menjadi tantangan dan pembuktian DJKN sebagai pengelola aset, apakah dalam waktu singkat dapat menunjukkan perubahan atas aset tersebut layaknya sebuah bangunan di pusat kota. Sinergi dapat dilakukan KPKNL Cirebon dan Kanwil Jawa Barat melalui benchmarking dengan KPKNL lain yang telah melakukan pemanfaatan serupa. KPKNL Cirebon juga dapat bekerja sama dengan PT. SMI ataupun LPEI, guna mengelola aset tersebut sebagai gedung perkantoran ataupun sebagai ruang pameran produk hasil UMKM yang berada di sekitaran Ciayumajakuning.

Bapak Isa Rachmatarwata berpesan agar KPKNL Cirebon tetap kreatif dan tidak terpaku pada anggaran dalam melakukan pengelolaan BMN Idle. KPKNL Cirebon dapat bekerjasama dengan pihak lain baik di lingkungan kementerian/lembaga maupun daerah dalam mendayagunakan aset-aset tersebut agar dapat berkontribusi bagi Pemulihan Ekonomi Nasional.


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini