Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Kapal Riset Geomarin I Kementerian ESDM Terjual via lelang.go.id
Budi Prasetyo
Jum'at, 17 Juli 2020   |   476 kali

CirebonKantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Cirebon berhasil melaksanakan penjualan Barang Milik Negara (BMN) kapal Geomarin I milik Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan (P3GL) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kantor P3GL, Kamis siang (16/7).

Geomarin I laku terjual sebesar Rp.498.481.000,00, atau naik sebesar Rp30 juta dari nilai limit Rp.463.481.000,00. Pelaksanaan lelang dilaksanakan melalui situs lelang.go.id, dengan penawaran secara terbuka (open bidding), dimulai pukul 12.00 hingga 14.00 waktu server. Pengusaha asal Jakarta menjadi pemenang kapal buatan tahun 1988 yang kondisi rusak berat.

Pelelang KPKNL Cirebon Iman Santoso, mengungkapkan pelaksanaan lelang melalui lelang.go.id ini memungkinkan diikuti oleh masyarakat di seluruh Indonesia. “Sesuai ketentuan, pelaksanaan lelang wajib diumukan melalui media cetak lokal yang ada di wilayah kedudukan Penjual. Dengan adanya pengumuman lelang di lelang.go.id, maka juga dapat diikuti oleh masyarakat lebih luas”, ujarnya.

Kepala Bagian Tata Usaha P3GS Gunawan Indradi, menyebutkan bahwa Geomarin I merupakan kapal negara yang digunakan untuk tugas pemerintah yang tidak harus memiliki sertifikat kapal. Menurutnya, survei atas lambung kapal dilakukan rutin setiap tahun. “Survei terakhir tahun 2015. Dikarenakan kondisi rusak berat, maka kami mengajukan usulan pemindahtangan BMN kepada DJKN (Direktorat Jenderal Kekayaan Negara-red) agar tidak membebani APBN. Kapal bersandar di pelabuhan kan kena biaya sandar, setiap tahun biayanya naik”, terangnya.

Nahkoda Geomarin I Lesmaya, menceritakan bahwa Geomarin I merupakan kapal survei atau riset geologi/geofisika kelautan yang digunakan untuk wilayah pesisir hingga laut dangkal (200 m). Peralatan pada kapal ini pada umumnya sistem navigasi dan positioning GPS, peralatan geofisika single channel seismic, peralatan sampling sedimen dasar laut dengan gravity/grab sampler. Geomarin I teIah melakukan survei penyelidikan geologi kelautan sistematik di wilayah laut dangkal sejak tahun 1990. (humas KPKNL Cirebon)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini