Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
KPKNL Cirebon Menggelar Sosialisasi dan Bimtek Menyambut Revaluasi BMN 2018
Rr. Fitririjanti Desiana
Senin, 29 Januari 2018   |   227 kali

Cirebon - Mengawali kegiatan Revaluasi BMN 2018, KPKNL Cirebon menggelar acara sosialisasi dan Bimbingan Teknis Revaluasi BMN. Kegiatan yang dilakukan dalam dua sesi tersebut dilaksanakan di ruang serbaguna KPPN Cirebon, Kamis (25/1/2018).

Plh. Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Prasodjo Mulyo Pamudji mewakili Kepala KPKNL Cirebon membuka kegiatan yang dihadiri 98 satker ini. Dalam sambutannya, Prasojo menjelaskan bahwa Revaluasi BMN merupakan program nasional sebagai pelaksanaan dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 75 tahun 2017, yang dilaksanakan oleh DJKN Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Untuk itu, peran aktif setiap satker dalam pelaksanaan Revaluasi Aset BMN sangat diharapkan agar target Revaluasi Aset BMN dapat terselesaikan.

Materi pertama dalam kegiatan sosialisasi ini adalah Perpres Nomor 75 tahun 2017 tentang Penilaian Kembali Barang Milik Negara/Daerah disampaikan Kepala Seksi Penilaian, Jamaludin. Materi selanjutnya, dipaparkan Iman Santoso salah satu anggota Tim Penilai KPKNL Cirebon yang menyampaikan materi Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor : 118/PMK.06/2017 tentang Penilaian Barang Milik Negara.

Selesai paparan materi, dengan dipandu Asep Atang dan Faizin Anshori para undangan diajak menyimak bimbingan teknis pelaksanaan revaluasi BMN sehingga diharapkan dalam prakteknya nanti tidak menemui kendala yang berarti, khususnya terkait koordinasi antara Tim Penilai KPKNL Cirebon dan petugas dari satker. Prasodjo lebih lanjut menyampaikan permintaan agar semua satker dapat memberikan data-data yang valid sesuai keadaan apa adanya untuk aset tanah dan bangunan yang ada di masing-masing satker, demi kelancaran kegiatan revaluasi.

Pada tahun 2018 revaluasi BMN KPKNL Cirebon, objek revaluasi ditargetkan dilakukan terhadap 98 satker dengan objek sebanyak 1.937 NUP terdiri dari 216 tanah, 1.656 bangunan dan 65 JIJ (Jalan Irigasi dan Jembatan) yang berlokasi di wilayah kota Cirebon dan sekitarnya.

Sebagai informasi, pada tahun 2017 telah dilakukan kegiatan yang sama yaitu revaluasi BMN terhadap 58 Satker dengan aset 4.494 NUP yang dikoreksi menjadi target baru 4.346 NUP, dengan jumlah total BAR IP SELESAI sejumlah 119 atau mencapai 101,83%.

(foto/teks: tim HI/fitri) 
Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini