Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Cirebon > Berita
Dirjen Kekayaan Negara: Ubah Paradigma dalam Pelayanan Lelang dan Pengurusan Piutang Negara
Rr. Fitririjanti Desiana
Jum'at, 26 Januari 2018   |   783 kali

Cirebon - Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata didampingi Sekretaris Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)  Dodi Iskandar, Direktur Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) Indra Surya melakukan kunjungan kerja dan melakukan pembinaan pada Kamis, (25/1) ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Cirebon. Sebelum melakukan pembinaan kepada seluruh pegawai KPKNL Cirebon, Dirjen Kekayaan Negara menyempatkan diri untuk melihat seluruh ruangan KPKNL Cirebon termasuk ruang arsip dan gudang sambil menyapa seluruh pegawai KPKNL Cirebon yang ditemuinya.


Dalam arahannya, Isa menyampaikan beberapa hal terkait capaian kinerja KPKNL Cirebon diantaranya apresiasi hasil yang telah dicapai dalam revaluasi BMN 2017, namun diminta agar laporan yang dibuat KPKNL Cirebon harus menunjukan kualitas yang baik dan lengkap sesuai standar laporan penialain.

Untuk capaian pokok lelang yang masih belum mencapai target, ia mengharapkan agar tahun ini seksi lelang merubah paradigma dan lebih berfikir kreatif sehingga membuat lelang semakin menarik dan tidak hanya menerima permohonan yang biasa saja. “Buat aktifitas lelang lebih menyenangkan, frekuensi lelang sedikit tidak apa-apa, namun pelaksanaan lelangnya itu adalah lelang potensial dan laku terjual. Cari barang-barang yang memang laku terjual, jangan hanya objek lelang yang tidak ada peminatnya (TAP-red) atau hanya mengejar frekuensi lelang,” pesan Isa terkait pelayanan lelang.


Terkait piutang negara, ia menginginkan perubahan paradigma baru bahwa bukan penggalian potensi piutang yang penting, tapi koordinasi dengan Kementerian/Lembaga (K/L), yaitu  bagaimana membina K/L agar mereka dapat mengurus piutangnya dengan benar atau dinamakan perbaikan di hulu, sebelum benar-benar diserahkan ke KPKNL. “Kantor pusat akan mengkaji hal ini, namun sebelum ada ketentuannya KPKNL Cirebon diminta mulai berkoordinasi dengan Pemda, K/L yang ada,” ujarnya.

Dalam hal utilisasi pengelolaan kekayaan negara, Dirjen Kekayaan Negara meminta untuk tahun 2018 semua aset BMN yang diutilisasi adalah aset yang sudah direvaluasi. Ia meminta agar pelaksanaan revaluasi BMN tahun 2018 dipercepat penyelesaiannya, sehingga hasil akhirnya untuk utilisasi BMN dapat naik.


Mengenai target sertifikasi BMN, Isa menyampaikan bahwa Menteri Keuangan telah berkoordinasi dengan Menteri Agraria dan Tata Ruang dimana kedua instansi sudah sepakat dan akan bekerja sama untuk menyelesaikan sertifikasi BMN dengan target tahun 2018 dipatok sebesar 3.500 sertifikat. Untuk itu, diminta KPKNL Cirebon berkoordinasi aktif dengan kantor pertanahan terkait hal tersebut.

Untuk fungsi kehumasan, Ia menyarankan agar tusi DJKN lebih dikenal masyarakat luas. “Kenalkan melalui berbagai media, baik televisi, radio, instagram dan lainnya, namun harus bijak dalam tayangannya dan dikemas secara menarik,” pesan Isa.


Kepada semua tenaga penilai pemerintah, Isa berpesan agar menjadi penilai yang bangga dengan kemampuannya dan mengikuti standard dan buat laporan dengan baik dan benar. Isa memberi semangat dan motivasi kepada seluruh pegawai, dengan menyampaikan bahwa semua pegawai itu punya kapasitas yang sama, tinggal bagaimana mengembangkan dirinya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Nuning S.R. Wulandari menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada Dirjen Kekyaan Negara yang di sela-sela kesibukannya yang padat masih berkenen menyempatkan diri untuk melakukan kunjungan kerja ke KPKNL Cirebon. Kepala KPKNL Cirebon Siswanto melaporkan satu persatu hasil Capaian Kinerja yang diperoleh oleh KPKNL Cirebon tahun 2017 dengan Nilai Kinerja Organisasi (NKO) sebesar 108,36%. Siswanto juga menyampaikan laporan program revaluasi BMN DJKN Tahun 2017 yang sudah dilakukan oleh KPKNL Cirebon. Mengakhiri sambutannya, ia menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya karena dengan kehadiran Dirjen Kekayaan Negara beserta jajarannya bertepatan dengan awal tahun 2018 ini mampu memberikan tambahan semangat dan motivasi bagi pegawai KPKNL Cirebon dalam menyambut tahun anggaran 2018. (Naskah dan foto : Tim seksi HI: Fitri/Airijah)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini