Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bukittinggi > Kilas Peristiwa
Milikilah Sifat Pemaaf
Januardo S.
Rabu, 04 Juli 2018   |   256 kali

Bukittinggi – Segenap insan KPKNL Bukittinggi menyambut semester kedua tahun 2018 dengan menyelenggarakan pengajian. Bertempat di Aula Singgalang, KPKNL Bukittinggi mengadakan pengajian rutin bulanan pada Senin (02/07).

Di tengah-tengah kesibukan melayani rekosiliasi pelaporan BMN, pegawai KPKNL Bukittinggi meluangkan waktu untuk mendengarkan pengajian yang dibawakan ustadz yang tidak asing lagi bagi para pegawai, yaitu Ustadz Muhammad Taufik dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi.

Masih dalam suasana setelah lebaran, pengajian mengambil tema mengenai bagaimana menjalin hubungan sesama manusia dalam islam. Acara pengajian yang dipandu oleh Eko Heru Cahyono, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, ini dimulai pada pukul 09.15 WIB. Pengajian dibuka dengan pembacaan ayat-ayat suci al-Quran oleh Januardo, Kepala Seksi Hukum dan Informasi.

Dalam sambutannya Kepala KPKNL Bukittinggi, Syukriah HG mengharapkan pengajian apa yang disampaikan ustadz dapat diamalkan oleh seluruh pegawai sehingga menambah istiqomah dan rasa syukur. “Sehingga agar apa-apa yang telah kita niatkan berangkat dari rumah menuju kantor dicatat sebagai amal ibadah kita di sisi Allah Subhanahu wa Ta’ala” ujarnya menambahkan.

Dalam menjalin hubungan dengan sesama, manusia seringkali tidak lepas dari 2 kondisi, menzalimi atau dizalimi orang lain, berbuat salah kepada orang lain atau sebagai korban kesalahan orang lain. “Ada tiga hal yang diperintahkan Allah kepada seorang muslim agar hubungan dengan sesama dapat menjadi lebih erat dan indah, serta pemilik sifatnya memperoleh keutamaan besar di sisi Allah” ujar Ustadz Taufik. Tiga perintah tersebut disebutkan Allah pada Al-Qur’an Surat At-Taghoobun Ayat 14, yaitu memaafkan, membuka lembaran baru, serta mengisi lembaran baru tersebut dengan kebajikan.

Sifat pemaaf adalah salah satu karakteristik orang bertaqwa. Orang yang bertaqwa memiliki banyak keutamaan, diantaranya: memiliki kedudukan yang mulia di sisi Allah, dimudahkan keluar dari berbagai permasalahan yang menimpanya, mampu membedakan antara hak dan batil, diampuni dosa-dosa kecil dan besar, mendapatkan pahala yang besar dari Allah, dan lain sebagainya.

Setelah tausyiyah, para pegawai diberikan kesempatan untuk bertanya baik terkait tema pengajian, maupun di luar tema. Acara berakhir pada pukul 10.45 setelahnya para pegawai kembali aktifitas melaksanakan tusi masing-masing dengan membawa ilmu yang telah disampaikan ustadz. Walhamdulillah.

 (Teks: Januardo, Foto: Faiz)

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini