Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Peninjauan Aset Dalam Rangka Hibah Barang Milik Negara kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat
Mochammad Teguh Ariyanto
Kamis, 23 Juni 2022   |   256 kali

Simpang Ampek Pasaman Barat, Rabu (15/06/2022), Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi, Hermawan Sukmajati turut serta membersamai Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Novera Bona Putra, dalam rangka pelaksanaan peninjauan Aset Barang Milik Negara (BMN) yang akan dihibahkan kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar).


Didahului oleh rencana Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat untuk melakukan perluasan terhadap areal wisata hutan kota dan taman satwa Pasaman Barat, Bupati Pasaman Barat, Bapak..H.Hamsuardi melihat dan memperhatikan potensi tanah BMN pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pasaman Barat  seluas +1,6 Hektare (Ha) atau seluas +16.000 meter persegi (m2). Dalam surat permohonan Hibah Bupati Pasbar, beliau menyampaikan bahwa areal yang dimanfaatkan perkantoran BPS Kab. Pasbar untuk perkantoran hanya seluas +1.200 meter persegi (m2), dalam mewujudkan rencana Pemkab Pasaman Barat bersedia menghibahkan tanah seluas +2.000 meter persegi (m2) sebagai areal perkantoran BPS Kab.Pasaman Barat dengan lokasi yang lebih strategis.


Bagai gayung bersambut, Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Pasaman Barat, Bambang Suryanggono menyambut baik pembaharuan lokasi perkantoran pada areal yang lebih strategis, hal ini disampaikan beliau secara langsung pada kesempatan peninjauan aset BMN yang akan dihibahkan bahwa lokasi perkantoran BPS Kab.Pasaman Barat saat ini kurang strategis karena berada jauh di pinggir kota yang merupakan areal pengembangan semenjak Pemkab Pasaman Barat dimekarkan. Hal ini juga berdampak terhadap pelayanan kepada stakeholder BPS Kab.Pasbar dimana masyarakat dan pelajar mengalami kesulitan akses untuk berkunjung langsung ke kantor BPS Pasbar, walaupun data tetap dapat diakses melalui situs resmi atau online. Keadaan kantor BPS eksisting (saat ini) berada di samping perkebunan kelapa sawit dan kawasan hutan kota dan taman satwa juga menambah tantangan tersendiri bagi pegawai BPS Kab. Pasbar, dimana para pegawai harus menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk mencapai kantor serta tantangan jika sangat dibutuhkan dalam hal terdapat pelaksanaan kegiatan lembur. Sehingga sangat diharapkan hasil pelaksanaan hibah ini akan memberikan hasil terbaik, yaitu optimalisasi aset Negara, sinergi pemerintah pusat dan daerah serta manfaat bagi pelayanan Kantor BPS Kab. Pasaman Barat. 

Koordinasi dilanjutkan dengan peninjauan lahan pengganti areal perkantoran BPS Kab.Pasaman Barat yang berada di belakang Kantor Bupati Pasaman Barat. Hujan yang turun sore itu tidak menyurutkan semangat kedua pimpinan unit vertikal di daerah, masing masing yang merupakan perwakilan Kemenkeu-DJKN dan BPS. Memperhatikan permohonan Bupati Pemkab Pasaman Barat dan permohonan BPS Kab. Pasaman Barat, serta sebelumnya telah dilakukan koordinasi secara daring dengan pihak Pemkab Pasaman Barat serta Korwil BPS Sumatera Barat. Kepala KPKNL Bukittinggi, Bapak Hermawan Sukmajati menyikapi hasil peninjauan Aset BMN dalam rangka hibah ini dengan positif dan optimis. Hal ini akan memiliki kemaslahatan (kebermanfaatan) secara menyeluruh, baik pengembangan wisata hutan kota dan taman satwa bagi masyarakat dan perekonomian Pemkab Pasaman Barat serta kinerja dan pelayanan BPS Kab. Pasaman Barat. (Muhammad Trisno Fadillah).

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini