Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Upayakan Peningkatan Efektivitas Layanan Lelang, KPKNL Bukittinggi Selenggarakan Focus Group Discussion Bersama Lembaga Perbankan
Mochammad Teguh Ariyanto
Senin, 21 Februari 2022   |   128 kali

Dalam rangka evaluasi capaian lelang di tahun 2021 dan perencanaan pelaksanaan lelang untuk meraih target tahun 2022, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pelaksanaan Lelang pada Senin dan Selasa (14-15/2). Kegiatan yang dilangsungkan di Gedung KPKNL Bukittinggi, Jl. M. Yamin No. 60, Kota Bukittinggi tersebut dilakukan dalam dua tahap, yaitu FGD bersama dengan Bank Umum pada hari Senin, dan bersama dengan Bank Perkreditan Rakyat pada hari selanjutnya. Adapun kedua stakeholder tersebut merupakan pihak perbankan yang beroperasi dalam wilayah kerja KPKNL Bukittinggi.

Mengawali kegiatan, Kepala KPKNL Bukittinggi, Hermawan Sukmajati, menyampaikan sambutannya. Dalam sambutan tersebut, Hermawan menyampaikan pentingnya pelaksanaan FGD sebagai sarana dalam membangun kerja sama yang baik dan profesional antara KPKNL Bukittinggi dengan pihak perbankan. Selain itu Hermawan juga menyampaikan program DJKN dalam mengembangkan Lelang produk UMKM. Lebih lanjut Hermawan menerangkan pentingnya membangun sinergi dengan pihak perbankan yang juga memiliki peran dalam membangun UMKM melalui pembiayaan.

Memasuki acara inti, kegiatan diskusi dipimpin langsung oleh Pejabat Fungsional Pelelang Ahli Muda KPKNL Bukittinggi, Chrisnandar. Selain membahas evaluasi lelang tahun 2021 dan prognosa tahun 2022, diskusi juga dilakukan berkaitan dengan perkembangan pelayanan lelang serta peran perbankan dalam pemberdayaan UMKM. Selain itu dalam kegiatan tersebut juga dijelaskan mengenai kemudahan dalam permohonan penerbitan Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) sebagai syarat pelaksanaan lelang yang sudah dapat dilakukan secara online.

Kegiatan FGD Pelaksanaan Lelang diharapkan dapat menambah efektivitas layanan lelang yang diberikan oleh KPKNL Bukittinggi. Tidak hanya untuk memberikan kontribusi kepada Negara berupa Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP), layanan lelang yang efektif juga akan memberikan dampak positif bagi stabilitas perekonomian Negara, utamanya terkiat dengan peran perbankan sebagai lembaga intermediasi. (Ari)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini