Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
DGTS KPKNL Bukittinggi : Pengenalan Tugas dan Fungsi DJKN
Corina Nafia
Jum'at, 15 November 2019   |   257 kali

Bukittinggi – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi kembali menggelar DJKN Goes to School (DGTS – red) pada Jumat (11/15), bertempat di MAN 1 Model Bukittinggi. Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya pengenalan dan edukasi kepada generasi muda sekaligus memberikan informasi terkait tugas dan fungsi KPKNL Bukittinggi sebagai kantor vertikal di bawah Kementerian Keuangan. Selain itu, juga menjadi salah satu rangkaian dalam memperingati 13 tahun usia Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).

Kegiatan DGTS yang diikuti oleh perwakilan dari tiap kelas XII dan para guru ini dimulai pada pukul 07.30 WIB. Kepala Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bukittinggi, Dian Marudut memberikan sambutan dan gambaran umum terkait KPKNL Bukittinggi. Sebelumnya, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan MAN 1 Model Bukittinggi, Novia Hermaniza menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan DGTS yang diselenggarakan oleh KPKNL Bukittinggi, khususnya saat berlangsung di MAN 1 Model tersebut.

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara, Sutarmin. Sutarmin menjelaskan bahwa KPKNL Bukittinggi adalah kantor vertikal di bawah Kementerian Keuangan yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pelayanan penilaian, pelayanan pengelolaan kekayaan negara, pengurusan piutang negara dan pelayanan lelang. Sutarmin juga menyampaikan agar generasi penerus bangsa dapat ikut aktif untuk menjaga aset negara.

Selain itu, pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan salah satu tugas utama KPKNL Bukittinggi, yakni pelayanan lelang melalui acara simulasi lelang yang dikemas secara khusus oleh Poppy Widya Sari Siregar. Simulasi yang menjadikan beberapa unit barang, sukses menarik antusias dan rasa ingin tahu seluruh siswa yang disimulasikan menjadi peserta lelang. Satu persatu barang ditawarkan dan seluruh siswa berusaha menawar dengan harga setinggi-tingginya sampai harga lelang terbentuk. 

Berikutnya, pada sesi terakhir dilangsungkan sesi tanya jawab. Keingintahuan para siswa cukup tinggi terkait dengan lelang dan Barang Milik Negara (BMN).  Sebagai penutup dan apresiasi kepada para siswa dibagikan berbagai goodiebag. Selain itu, KPKNL Bukittinggi juga telah memberikan sebuah plakat kepada pihak sekolah. (Crn) 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini