Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menuju WBBM, Tim Kemenpan RB Kupas Tuntas Hal yang Menjadi Evidence bagi KPKNL Bukittinggi
Corina Nafia
Senin, 14 Oktober 2019   |   430 kali

BukittinggiPembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) merupakan miniatur penerapan reformasi birokrasi di beberapa unit kerja sebagai suatu percontohan. Dengan menerapkan model percontohan tersebut, harapannya berbagai aspek reformasi birokrasi akan lebih terfokus, sehingga wilayah yang ditetapkan tersebut dapat membentuk suatu island of integrity sebagai percontohan unit kerja lainnya.

 

Pembangunan ZI WBK/WBBM menjadi sebuah barometer capaian reformasi birokrasi yang konkret, sistematis, berkelanjutan, dan terukur yang dipelopori oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

 

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi sebagai satu-satunya kantor pelayanan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) di luar pulau Jawa untuk tahun 2019 mengikuti penilaian ZI menuju WBBM. Dalam rangkaian penilaian, KPKNL Bukittinggi menerima kunjungan Tim Evaluasi dari Kementerian PAN RB yang diwakili oleh Aan Syaiful Ambia, Kepala Bagian Administrasi dan Pelaporan serta Akbar Ferdiansyah, pada Senin (10/14) bertempat di Aula Lantai 2 KPKNL Bukittinggi.

 

Kunjungan Tim Evaluasi Kemenpan RB bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap capaian-capaian reformasi birokrasi pada KPKNL Bukittinggi yaitu : penilaian, evaluasi, dan pendampingan dalam hal penetapan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Selain itu, maksud dan tujuan kedatangan Tim Evaluasi Kemenpan RB adalah mengupas tuntas apa-apa saja yang menjadi evidence bagi KPKNL Bukittinggi menuju WBBM.

 

Sebelumnya Kepala KPKNL Bukittinggi, Syukriah telah menyampaikan pemaparannya terkait perubahan yang telah dilaksanakan oleh KPKNL Bukittinggi setelah mendapat predikat ZI WBK dari Kemenpan RB pada Desember tahun lalu (2018-red), baik dari kondisi kantor, inovasi, sinergi maupun pelayanan yang diberikan oleh KPKNL Bukittinggi terhadap para pengguna jasa.

 

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab oleh Tim Evaluasi dari Kemenpan RB kepada para pegawai KPKNL Bukittinggi.

 

Diakhir kegiatan, perwakilan dari Bagian Organisasi dan Kepatuhan Internal (OKI) Kantor Pusat DJKN, Aditya Rahmat menyampaikan bahwa KPKNL Bukittinggi telah menjadi pionir dan contoh bagi kantor vertikal DJKN di daerah lainnya untuk menuju ZI WBK ataupun WBBM pada tahun ini. (crn)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini