Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sharing Knowledge sebagai Salah Satu Bentuk Meningkatkan Kualitas dan Kapasitas Pengetahuan Para Pegawai
Corina Nafia
Selasa, 30 April 2019   |   1349 kali

Bukittinggi - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi kembali mengadakan Sharing Knowledge pada Selasa (04/30), bertempat di Aula Lantai II KPKNL Bukittinggi. Sharing Knowledge yang dilaksanakan oleh KPKNL Bukittinggi merupakan salah satu sarana untuk berbagi pengetahuan bagi pegawai di lingkungan kantor yang telah selesai mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) kepada pegawai lainnya.

Sharing Knowledge yang telah rutin dilaksanakan oleh KPKNL Bukittinggi ini merupakan bentuk dan langkah KPKNL Bukittinggi untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas pengetahuan para pegawai di lingkungan KPKNL Bukittinggi. Dalam kegiatan ini, juga turut dihadiri oleh Kepala KPKNL Bukittinggi, Syukriah HG.

Sharing Knowledge yang berlangsung kali ini ialah terkait teknik pemeriksaan dan psikologi pemeriksaan dalam pengurusan piutang negara yang dipaparkan oleh Delvano Johan. Delvano menjelaskan bahwa prosedur dalam pemeriksaan dilaksanakan melalui empat tahapan, yakni pemeriksaan, perencanaan teknis pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan hingga pelaporan dan penyusunan basis data hasil pemeriksaaan.

Dalam perencanaan pemeriksaan pengurusan piutang negara, Delvano memaparkan bahwa hal utama yang perlu dilakukan adalah pemetaan Berkas Kasus Piutang Negara (BKPN). Melalui BKPN dapat dikelompokkan mana yang bisa untuk dilakukan pemeriksaan.

Selain itu, ia juga menjelaskan perihal psikologi pemeriksaan dalam pengurusan piutang negara sebagai bentuk pendekatan kepada penanggung hutang dan bentuk pertahanan diri saat pelaksanaan pengurusan piutang negara.

Diakhir kegiatan, Syukriah berpesan agar KPKNL Bukittinggi dapat melahirkan pemeriksa-pemeriksa piutang negara yang baru melalui pegawai milenial. (Teks dan Foto : Corin)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini