KPKNL Bukittinggi
Berita DJKN

Peringati 111 Tahun Lelang Indonesia, KPKNL Bukittinggi Selenggarakan Lelang Expo ke-II

Senin, 25 Maret 2019   |   382 kali

Bukittinggi – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi dalam memperingati 111 Tahun Lelang Indonesia yang jatuh pada 28 Februari 2019, kembali menyelenggarakan Lelang Expo kedua pada tahun 2019. Kegiatan Lelang Expo ini berlangsung pada Sabtu dan Minggu (03/23-24), bertempat di Pelataran Jam Gadang. Kegiatan ini mengusung tema “Ikut Lelang Sambil Berwisata”, dengan harapan KPKNL Bukittinggi dapat menyemarakkan pelaksanaan Lelang melalui Kota Wisata khususnya.

Kepala KPKNL Bukittinggi, Syukriah HG menyampaikan bahwa Lelang Expo 2019 dimaksudkan sebagai wahana dan media edukasi untuk memperkenalkan lelang sebagai salah satu mekanisme jual beli yang aman, transparan, objektif, memberikan kepastian hukum, dan kompetitif. Selain itu, Lelang Expo juga bertujuan untuk mempertegas keberadaan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) di daerah melalui kantor operasionalnya dengan sinerginya antara perbankan dan pemerintah daerah setempat dalam pergerakan ekonomi dan penegakan hukum. “Lelang Expo dapat terlaksana karena adanya wujud sinergi antara DJKN melalui KPKNL Bukittinggi dengan perbankan yang ada di wilayah Sumatera Barat khususnya perbankan pada wilayah kerja KPKNL Bukittinggi”, ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Sumatera Barat, Darwisman dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kegiatan Lelang Expo 2019 yang dilaksanakan oleh KPKNL Bukittinggi. Darwisman berharap melalui Lelang Expo 2019 ini dapat mengubah persepsi masyarakat bahwa sebenarnya lelang merupakan media transaksi yang memberikan kepastian. “Selain itu saya berharap bahwa Lelang Expo tidak hanya sebagai agenda Sumatera Barat, tetapi nantinya juga akan menjadi agenda nasional sebagai potensi investor bagi perantau Sumatera Barat”, ujarnya.

Menyambut Lelang Expo 2019, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) DJKN Riau, Sumatera Barat, dan Kepulauan Riau (RSK), Tugas Agus Priyo Waluyo mengingatkan kepada para tamu undangan dan masyarakat untuk berhati-hati pada modus penipuan lelang yang mengatasnamakan KPKNL ataupun DJKN.  Selanjutnya Agus meminta dukungan kepada Pemerintah Kota Bukittinggi dan masyarakat untuk KPKNL Bukittinggi dalam seleksi mencapai predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) setelah pada akhir tahun 2018 KPKNL Bukittinggi telah mendapat predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Perwakilan Kementerian Keuangan Sumatera Barat yang diwakili Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Perbendaharaan Sumatera Barat, Ade Rohman juga menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Lelang Expo 2019 yang dilaksanakan oleh KPKNL Bukittinggi. Selanjutnya, Ade memaparkan bahwa Kementerian Keuangan terus memberikan inovasi terutama dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Semoga dengan terselenggaranya Lelang Expo ini, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dapat terus meningkat”, ujarnya.

Direktur Lelang DJKN Lukman Effendi yang turut kembali hadir pada Lelang Expo 2019 memberikan gambaran terhadap masyarakat terkait lelang dan manfaatnya sebagai sarana jual beli yang aman dan transparan yang didahului melalui pengumuman lelang. Selain itu, Lukman juga menjelaskan terhadap perkembangan bisnis lelang di Indonesia yang mengalami peningkatan yang besar. “DJKN tidak berharap bahwa Non Performing Loan (NPL) pada perbankan semakin tinggi dan tingkat jual beli lelang juga semakin tinggi. Namun, menjadikan lelang sebagai solusi bagaimana hak tanggungan dan NPL kredit macet bisa dilelang”, ungkapnya.

Selanjutnya, Lukman menyampaikan one stop service yang telah diluncurkan oleh DJKN melalui portal lelang.go.id yang dapat diakses dimana saja. “Tidak lama lagi, DJKN juga akan meluncurkan terkait permohonan lelang secara online”, ujarnya.

Kegiatan Lelang Expo 2019 dibuka langsung oleh Walikota Bukittinggi, M. Ramlan Nurmatias. Dalam sambutannya, Ramlan juga menyampaikan bahwa dengan adanya Lelang Expo yang diselenggarakan oleh KPKNL Bukittinggi ini, masyarakat dapat memahami terhadap tugas dan fungsi KPKNL khususnya lelang. Selain itu, Ramlan juga memaparkan bahwa melalui kegiatan Lelang Expo yang diselenggarakan di pelataran Jam Gadang juga dapat meningkatkan wisatawan ke Kota Bukittinggi, sesuai dengan tema yang diusung oleh KPKNL Bukittinggi “Ikut Lelang Sambil Berwisata”.

Berikutnya acara dilanjutkan dengan pemukulan gendang sebagai tanda Lelang Expo resmi dibuka. (Teks : Corina, Foto : KPKNL Bukittinggi)

Foto Terkait Berita
Pengumuman
DJKN Goes To Campus 18 April 2017
Selasa, 04 April 2017
Talkshow Lelang DJKN 17 April 2017
Selasa, 04 April 2017
Kontak
Jalan Muhammad Yamin Nomor 60 Aur Kuning, Bukittinggi
(0752) 34899
(0752) 627371
kpknlbukittinggi@gmail.com