Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
4 Jurus Menjadi Kantor Berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi
Latho Muhammad
Jum'at, 04 Mei 2018   |   2093 kali

Bukittinggi – "Kami siap mengoptimalkan pelayanan ke seluruh pengguna jasa sebagai bentuk niat dan usaha menjadi kantor berpredikat ZI WBK/WBBM (Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani-red)" demikian disampaikan Syukriah HG, Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi saat membuka kegiatan berbagi pengalaman ZI WBK/WBBM bersama Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan (Organta) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) pada Jumat (04/05) di Aula Singgalang KPKNL Bukittinggi.

Kegiatan yang dihadiri oleh pegawai KPKNL Bukittinggi dan KPKNL Padang tersebut bertujuan untuk memberikan informasi dan pengalaman kepada unit-unit di bawah Kemenkeu dalam membangun ZI WBK/WBBM.

Pada 2018, KPKNL Bukittinggi menjadi salah satu unit yang diusulkan mengikuti kembali program pembangunan ZI WBK/WBBM yang akan dievaluasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB).

“ZI WBK/WBBM merupakan kegiatan yang diadakan oleh Kementerian PAN-RB untuk mengukur sejauh mana unit-unit pemerintah menegakkan integritas dan memberikan pelayanan kepada pengguna jasa”, kata Wardjianto selaku Kepala Bagian Ketatalaksanaan II Biro Organta Kemenkeu.

Menurut Wardjianto, Terdapat empat hal wajib diperhatikan bagi unit-unit yang diusulkan program pembangunan ZI WBK/WBBM. Pertama, Identifikasi permasalahan yang menjadi komponen pengungkit yang terdiri dari manajemen perubahan, penataan tata laksana, Sumber Daya Manusia (SDM), akuntabilitas, pengawasan, serta peningkatan pelayanan dan komponen hasil yang terdiri dari integritas dan persepsi terkait layanan.

Kedua, pembuatan Peta Pembangunan Zona Integritas untuk mempermudah pemahaman visi, misi, motto, tujuan, dan indikator keberhasilan pelaksanaan ZI WBK/WBBM di tiap unit Kemenkeu.

Ketiga, melaksanakan strategi dan gaya komunikasi sebagai media interaksi KPKNL kepada pengguna jasa.

Keempat, keterlibatan dan semangat seluruh pegawai membangun integritas dan memberikan pelayanan ke pengguna jasa.

Mengakhiri kegiatan berbagi pengalaman tersebut, Syukriah menyatakan kesiapan KPKNL Bukittinggi untuk segera menindaklanjuti arahan kantor pusat Kemenkeu untuk membangun ZI WBK/WBBM. (Teks: Latho Muhammad/ Editor: Januardo)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini