Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Mari Cintai Aset Negara
Januardo S.
Jum'at, 17 November 2017   |   174 kali

Bukittinggi - Ditengah kesibukannya melaksanakan revaluasi BMN, KPKNL Bukittinggi tetap gencar memperkenalkan tugas dan fungsinya. KPKNL Bukittinggi melakukan Touring Goes to School, Rabu (08/11/2017).

Kegiatan merupakan upaya memperkenalkan tusi KPKNL kepada masyarakat melalui dunia pendidikan. Beberapa sekolah yang menjadi target adalah sekolah menengah atas yang berada di wilayah kerja KPKNL Bukittinggi, diantaranya: MTs Negeri Limbanang (Kabupaten Limapuluh Kota), SMA Negeri 1 Batusangkar (Kabupaten Tanah Datar), SMK Negeri 1 Lubuk Basuk Sikaping (Kabupaten Pasaman), dan SMA Negeri 1 Lubuk Basung. Terbatasnya fasilitas ruangan masing-masing sekolah membuat acara ini digelar di musholla sekolah.

Materi yang disampaikan antara lain tentang Pengelolaan Kekayaan Negara, Lelang, Pengurusan Piutang Negara, dan Penilaian. Sebelum penyampaian materi dimulai, para siswa diajak menyaksikan video profil DJKN. Penyampaian materi disampaikan oleh para pejabat eselon IV KPKNL Bukittinggi secara bergantian sesuai jadwal kunjungan yang telah ditetapkan sebelumnya.

Setelah sesi pemaparan, dilakukan simulasi lelang, barang yang dilelang diberikan limit yang jauh lebih rendah dari pada harga pasar agar menarik. Para peserta yang berminat diharuskan menyetor uang jaminan pada amplop yang telah disediakan. Pada akhirnya, pemenang lelang mendapatkan kejutan tak terduga sebelumnya, yaitu uang yang telah disetor dikembalikan oleh panitia sepenuhnya. Simulasi lelang ini bertujuan agar memberi kesan yang dalam kepada para siswa terhadap proses lelang.

KPKNL Goes to School memberi pesan moral kepada para siswa agar bersyukur terhadap Kekayaan Alam yang telah diberikan Tuhan. Wujud rasa syukur itu diantaranya adalah dengan peduli terhadap lingkungan sekitar dan menghindari perilaku vandalisme terhadap aset publik. Sifat vandalisme akan merugikan negara dan warga lain yang pengguna aset publik.

Selain mengunjungi sekolah-sekolah, KPKNL Bukittinggi juga melakukan sosialisasi ke Pemerintah Kota/Kabupaten di wilayah kerjanya. Pada bulan ini, rencana akan dilakukan kunjungan ke Pemerintah Kota Payakumbuh dan pemerintah Kabupaten Agam.

(Teks: Januardo / Foto: Darmansyah, Toni, Yusman)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini