Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Bimbingan Teknis Aplikasi SIMAN: Untuk Perencanaan Yang Lebih Baik
Januardo S.
Rabu, 15 November 2017   |   216 kali

Bukittinggi - Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bukittinggi mengadakan acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Aplikasi Sistem informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN), Selasa (14/11/2017). Kegiatan di Ruang Serbaguna KPKNL Bukittinggi ini diikuti sekitar 40 orang perwakilan dari 35 Satuan Kerja (Satker) di bawah Kementerian Agama dari Kabupaten Agam, Padang Panjang, dan Tanah Datar.

Petugas dari seksi Pengelolaan Kekayaan Negara KPKNL Bukittinggi, Mulyadi menjadi narasumber kegiatan Bimtek ini. Pembahasan dalam Bimtek terkait Rencana Kerja Barang Milik Negara (RKBMN) untuk tahun 2019 pada aplikasi SIMAN, yakni usulan untuk pengadaan (tanah dan bangunan, rumah negara, serta alat angkut) dan usulan biaya pemeliharaan (bangunan, kendaraan bermotor, serta aset lainnya dengan nilai perolehan per satuan di atas Rp100 juta dengan kondisi baik dan rusak ringan.  

“Acaranya cukup mendadak, mereka (operator Satker-red) janjian bersama-sama ke KPKNL untuk meminta bimbingan teknis,” ujar Mulyadi saat ditemui. Diketahui bahwa pada saat ini memang sebagian besar pegawai pada KPKNL Bukittinggi ditugaskan untuk membantu revaluasi BMN di wilayah kerja KPKNL Padang. Namun dengan banyaknya sumber daya yang terkonsentrasi untuk revaluasi, tidak menghalangi KPKNL Bukittinggi untuk memberikan pelayanan terbaik kepada stakeholder.

Melalui bimbingan teknis ini, peserta diharapkan dapat lebih memahami Aplikasi SIMAN dan dapat menjalankannya dengan baik. Aplikasi SIMAN mempunyai fungsi sebagai alat bantu untuk pengelolaan BMN yang meliputi perencanaan, pengadaan, penggunaan, pemanfaatan, pengamanan, pemeliharaan, penilaian, pemindahtanganan, pemusnahan, penghapusan, penatausahaan, serta pengawasan dan pengendalian (sebagaimana yang diatur pada PP Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pengelolaan BMN/D). Aplikasi SIMAN diharapkan membuat BMN dapat dikelola secara realtime, sederhana, efektif, serta efisien. (Teks : Januardo / Foto : Darmansyah)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini