Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Upaya Peningkatan Pelayanan dengan Implementasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan Menjadi Tema IHT KPKNL Bontang
Mohammad Fadhil Mahendra
Kamis, 19 Mei 2022   |   138 kali

Bontang (17/05), KPKNL Bontang mengadakan kegiatan In House Training  (IHT) dengan tema "Penguatan Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dalam Rangka Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik pada KPKNL Bontang" dengan narasumber Bapak Nailul Hisan yang merupakan seorang widyaiswara pada Balai Diklat Keuangan Denpasar, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan.

Sebagai langkah persiapan KPKNL Bontang untuk meraih predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (ZI-WBBM), KPKNL Bontang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik kepada pengguna layanan dan stakeholder sebagai mitra kerjanya. Melalui kegiatan IHT ini diharapkan dapat menjadi bekal untuk para pegawai termasuk Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di lingkup KPKNL Bontang untuk  meningkatkan kapabilitas dalam memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pengguna layanan dengan mengimplementasikan  nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Narasumber menjelaskan sebuah makna serta bagaimana menjadi pribadi yang bernilai. Bahwa sesuatu yang bernilai walau ditempatkan pada tempat yang buruk sekalipun, nilai tersebut tidak akan pernah hilang darinya. Dalam hal ini dapat diilustrasikan bahwa pegawai yang bernilai, adalah pegawai yang memiliki kualitas, kompetensi dan dapat menerapkan nilai-nilai kementerian keuangan dengan baik. Bernilai juga berarti dapat memberikan manfaat  kepada orang lain, baik rekan kerja, stakeholder, unit kerja, dan lainnya. Terdapat 3 hal yang dapat membentuk sesorang menjadi pribadi yang bernilai, antara lain: (1) Raga yang sehat, (2) Jiwa yang sehat, dan (3) Pikiran yang sehat. Hal-hal tersebut akan dapat menunjang produktivitas kita untuk dapat menajadi pribadi yang bernilai.

Selanjutnya narasumber memaparkan tentang memberikan pelayanan yang prima, perlu diketahui bahwa pelayanan prima adalah seluruh upaya yang diberikan untuk memenuhi kebutuhan stakeholder atau calon stakeholder yang sesuai bahkan melebihi harapannya. Penting bagi kita untuk mengubah posisi dengan stakeholder apabila ingin mengetahui keinginan stakeholder agar dapat mendapatkan kepuasan layanan yang diharapkan. Narasumber juga menyampaikan beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam memberikan pelayanan yang prima, antara lain: (1) Waktu penyelesaian sesuai dengan SOP, (2) Biaya-biaya ynag perlu dikeluarkan untuk memberikan pelayanan, (3) Personal yang melayani, dan (4) Kualitas Pelayanan/Pelayanan yang tepat.

Berikutnya dalam implementasi nilai Kementerian Keuangan terhadap peningkatan pelayanan, Pertama, Narasumber berpesan bahwa pentingnya nilai Integritas dalam melaksanakan pekerjaan dengan selalu berpegang pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam era teknologi yang berkembang pesat ini, penting bagi para pegawai untuk selalu bijak dalam bermedia sosial, hal ini sebagai bentuk untuk menjaga nama baik pribadi, organisasi, dan Kementerian Keuangan. Kedua, mengoptimalkan kompetensi dalam menyelesaikan tugas dan selalu senantiasa meningkatkan kemampuan adalah sebuah perwujudan implementasi nilai Profesionalime. Ketiga, selalu mempererat semangat kebersamaan tim serta memiliki kegigihan dan ketekunan pada setiap anggotanya merupakan bagian dari implementasi nilai Sinergi. Keempat, nilai Pelayanan adalah dengan berorientasi pada kepuasan pemangku kepentingan dengan memberikan apa yang dijanjikan, empati, dan kemampuan untuk menyelesaikan masalah serta memberikan layanan yang cepat. Kelima, adanya rasa tidak puas atas yang kita capai sehingga kita akan menumbuhkan rasa untuk melakukan upaya perbaikan terus menerus merupakan implementasi nilai Kesempurnaan. (Tim Humas KPKNL Bontang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini