Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Kepala KPKNL Bontang: Sinergi Merupakan Kunci Utama Dalam Pengelolaan Barang Milik Negara dan Pelaksanaan Lelang
Bagus Widi Wicaksono
Kamis, 09 Desember 2021   |   158 kali

KPKNL Bontang untuk pertama kalinya menyelenggarakan kegiatan Apresiasi Pengelolaan Kekayaan yang terdiri dari BMN Award dan Lelang Award pada Kamis (09/12). Kegiatan yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh seluruh Satuan Kerja (K/L), lembaga perbankan, dan pelaku UMKM di wilayah kerja KPKNL Bontang.

Ketua Penyelenggara Kegiatan, Nelfa Desrina, selaku Plt. Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara menyampaikan bahwa kegiatan apresiasi pengelolaan kekayaan negara ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pemangku kepentingan baik dalam bidang penatausahaan dan pengelolaan BMN maupun di bidang lelang.  Terdapat 3 (tiga) kriteria penilaian dalam BMN Awards yaitu:

a.         Kategori Utilisasi BMN terbaik yang merupakan penghargaan yang diberikan kepada Satuan Kerja yang telah melakukan upaya terbaik dari segi penggunaan BMN dan optimalisasi BMN untuk memperoleh PNBP yang dibagi ke dalam dua klaster yaitu satker besar (jumlah NUP ≥ 1.000) dan satker kecil (jumlah NUP ≤ 1.000).  Penghargaan kategori utilisasi terbaik untuk kategori satker besar diberikan kepada Balai Taman Nasional Kutai Timur (Terbaik I), MTsN Muara Ancalong (Terbaik II) dan MAN Kota Bontang (Terbaik III). Sedangkan untuk satker kecil diberikan kepada Lapas Bontang (Terbaik I), KPPBC TMP C Sangatta (Terbaik II), dan Pengadilan Negeri Bontang (Terbaik III).  

b.        Kategori kualitas pelaporan terbaik yang dinilai dari pemutakhiran data master aset pada aplikasi SIMAN untuk BMN berupa tanah/bangunan dan rumah negara serta ketepatan isi dan ketepatan waktu penyampaian laporan pengawasan dan pengendalian BMN. Penghargaan kualitas laporan terbaik diberikan kepada KPPBC TMP C Sangatta (Terbaik I), KPKNL Bontang (Terbaik II) dan Kantor Pertanahan Kabupaten Kutai Timur (Terbaik III).

c.         Kategori ketiga merupakan apresiasi khusus diberikan kepada Kantor Pertanahan Kabupeten Kutai Timur sebagai mitra kolaborasi dalam program percepatan penyelesaian pensertipikatan BMN berupa tanah.

 Selain BMN Award, KPKNL Bontang juga memberilkan Lelang Awards yang terdiri atas 2 kategori yaitu kategori lelang eksekusi terbaik dan lelang non eksekusi terbaik yang diberikan kepada pengguna jasa yang dinilai dari aspek frekuensi, produktivitas lelang, pokok lelang dan PNBP lelang.

Untuk kategori lelang eksekusi terbaik penghargaan diberikan kepada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Bontang dan untuk lelang non eksekusi terbaik diberikan kepada Komisi Pemilihan Umum Kota Bontang. Sebagai bentuk kontribusi KPKNL Bontang dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) melalui dukungan terhadap UMKM di wilayah Kota Bontang, KPKNL Bontang memberikan apresiasi khusus kepada UMKM Batik Etam sebagai Mitra Kolaborasi UMKM yang telah memanfaatkan lelang.go.id untuk penjualan produknya.

Kepala KPKNL Bontang, Harist Syafiuddin, dalam sambutannya mengutip pernyataan Menteri Keuangan bahwa perlakuan suatu bangsa terhadap aset negara adalah cerminan dari peradaban bangsa itu sendiri. Oleh karena itu, usaha dalam mengelola Barang Milik Negara yang semakin baik merupakan upaya kita untuk memajukan peradaban Bangsa Indonesia.

Selanjutnya Harist menyampaikan bahwa KPKNL Bontang telah dicanangkan untuk meraih predikat Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tahun 2022 setelah sebelumnya berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Oleh karena itu, Kepala KPKNL Bontang memohon dukungan serta sumbang saran dari para pemangku kepentingan di wilayah kerja KPKNL Bontang sekaligus menyatakan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dengan berlandaskan pada nilai-nilai integritas dan anti-korupsi.

Kegiatan Apresiasi Pengelolaan Kekayaan Negara berjalan dengan lancar dan juga meriah dengan diselingi penampilan dari grup Band KPKNL Bontang. Di waktu selanjutnya, diharapkan kegiatan apresiasi ini dapat dilaksakan secara rutin setiap tahun. (Humas KPKNL Bontang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini