Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 150-991    ID | EN      Login Pegawai
KPKNL Bontang
Berita DJKN

Pemusnahan Security Paper Untuk Perlindungan Kepada Pemenang Lelang

Senin, 24 Mei 2021   |   36 kali

Disaksikan langsung oleh Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Kaltimtara Asri Towidjojo, telah dilaksanakan pemusnahan security paper yang tidak terpakai karena kesalahan pencetakan milik KPKNL Bontang di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang (KPKNL) Bontang pada 19 Mei 2021. Jumlah security paper yang dimusnahkan yaitu sebanyak 4 (empat) lembar . Pemusnahan dilakukan dengan cara dihancurkan menggunakan mesin penghancur kertas.

Pemusnahan ini dilakukan untuk memenuhi ketentuan Peraturan Direktur Jenderal Kekayaan Negara Nomor PER-2/KN/2012 yang menyebutkan apabila terdapat kesalahan dalam pengetikan dan/atau pencetakan kutipan risalah lelang pada kertas sekuriti yang menyebabkan security paper tidak jadi digunakan untuk kutipan risalah lelang, maka security paper tersebut disimpan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) untuk kemudian dimusnahkan/dihancurkan pada masing-masing KPKNL. Pemusnahan disaksikan oleh perwakilan Kanwil dan dibuatkan Berita Acara Pemusnahan/Penghancuran Kertas Sekuriti sekaligus sebagai antisipasi penyalahgunaan.

Security paper adalah kertas khusus yang dalam proses produksinya ditambahkan fitur-fitur pengaman untuk menghindari tindakan pemalsuan. Fitur-fitur ini sangat sulit untuk digandakan namun mudah dikenali, baik secara langsung (kasat mata) maupun peralatan khusus. Fitur keamanan pada security paper risalah lelang menjadi lebih baik karena dibuat dengan kertas khusus dan memiliki ciri tersendiri serta dilengkapi nomor seri guna mencegah penyalahgunaan dan pemalsuan risalah lelang  sehingga dapat menciptakan rasa aman bagi pembeli lelang.

Acara ini ditutup dengan Penandatanganan Berita Acara Pemusnahan/Penghancuran oleh Dani Hari Mulyo selaku Perwakilan KPKNL Bontang dan Asri Towidjojo selaku Perwakilan Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara. Pemusnahan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk melindungi pemenang lelang dengan memastikan bahwa pengelolaan security paper telah sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Kontak
Jalan M.H. Thamrin Nomor 43 Bontang
(0548) 3036453
(0548) 27817
kpknlbontang@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami |