Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Proses Penilaian Akhir KPKNL Bontang Sebagai Kantor Pelayanan Terbaik 2020
Bagus Widi Wicaksono
Jum'at, 25 September 2020   |   129 kali

KPKNL Bontang mengikuti rangkaian proses penilaian akhir Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tahun 2020 di lingkungan Kementerian Keuangan secara virtual melalui video conference untuk menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19 yang tengah berlangsung saat ini pada Kamis, 24 September 2020. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai sarana untuk melakukan penilaian kinerja, inovasi, dan prestasi dalam rangka percepatan reformasi birokrasi menuju Zona Integrasi WBK/WBBM dengan mengedepankan fungsi pelayanan sebagai ujung tombak Kementerian Keuangan kepada masyarakat. Selain KPKNL Bontang, kantor lain yang mengikuti kegiatan penilaian KPT tahun 2020 ini adalah KPKNL Pangkalan Bun dan KPKNL  Pekalongan. Agenda penilaian tahap terakhir ini yaitu presentasi  dari kepala  kantor dan wawancara dengan Tim Penilai Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan, Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Sekretaris Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan.

Diawali dengan pengenalan singkat mengenai profil KPKNL Bontang, Kepala Kantor KPKNL Bontang, Heru Riyanto melanjutkan dengan memaparkan beberapa prestasi yang sudah diraih oleh KPKNL Bontang sebelumnya, yaitu kinerja pelaksanaan anggaran satker tahun 2018 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Propinsi Kalimantan Timur, bendahara pengeluaran paling tertib lapor dan setor pajak tahun 2019 dari KPP Pratama Bontang dan dinobatkan sebagai kantor dengan Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tahun 2019.

Selain sarana dan prasarana di KPKNL Bontang yang juga dijabarkan dalam presentasi kali ini, inovasi yang dikembangkan oleh KPKNL Bontang juga dijelaskan oleh beliau, seperti penetapan lelang 1 hari kerja, penilaian dalam rangka pemanfaatan 10 hari kerja, dan penetapan status penggunaan BMN 2 hari kerja. Adapun 4 inovasi lainnya yang menggunakan aplikasi antara lain, sistem database terpusat, masterdata terkait hasil pelaksanaan lelang dan pengurusan piutang negara, rincian pagu anggaran, dan siap serah piutang negara dengan nama siappserah.com . Sedangkan pengembangan inovasi saat pandemic Covid-19 yaitu scan barcode buku tamu, scan barcode informasi layanan, dan absensi pegawai PPNPN menggunakan google attendance.

KPKNL Bontang juga melakukan kerjasama dengan unit lain, yaitu dengan Pemerintah Kota Bontang dan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur terkait pertukaran data transaksi / penawaran tanah dan dengan KPP Pratama Bontang terkait data transaksi tanah yang ada di Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur (yang merupakan tindak lanjut dari rapat pimpinan Kementerian Keuangan daerah Kalimantan Timur dan Utara tahun 2019).

Penjelasan diakhiri dengan menjabarkan tantangan yang dihadapi KPKNL Bontang dalam menjalankan tugasnya sehari – hari yang terkait dengan kondisi geografis seperti lokasi yang sulit dijangkau, keterbatasan sarana dan prasarana di area lokasi, dan jarak tempuh yang cukup jauh dan bagaimana KPKNL Bontang mengatasi tantangan tersebut dengan mitigasi dan perencanaan yang tepat dan terukur. Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan semangat lebih untuk KPKNL Bontang untuk melayani masyarakat dengan mengedepankan nilai - nilai Kementerian Keuangan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini