Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Semester I Berakhir, Target Tahunan PNBP Pengurusan Piutang Negara Telah Tercapai
Wahyu Suryo Majid
Rabu, 08 Juli 2020   |   140 kali

Bontang – “Triwulan II telah berakhir, hasil penerimaan negara bukan pajak yang berasal dari pengurusan piutang negara telah mencapai target tahunan.” Hal tersebut disampaikan oleh Bramastyo Puji Lusiantoko Kepala Seksi Kepatuhan Internal dalam rapat Dialog Kinerja Organisasi KPKNL Bontang Triwulan II tahun 2020 yang diselenggarakan pada Selasa (7/7) melalui aplikasi Zoom Meeting. Rapat DKO ini diikuti oleh pejabat eselon 3 dan 4 pada KPKNL Bontang.

Rapat yang rutin diselenggarakan setiap tiga bulan tersebut dibuka langsung oleh Kepala KPKNL Bontang Heru Riyanto. Heru mengatakan bahwa rapat DKO ini perlu dilakukan untuk membahas capain kinerja selama Triwulan II tahun 2020

“Terkait capaian-capaian kita selama Triwulan II tahun 2020, perlu menjadi perhatian kita semua untuk dapat dibahas langkah-langkah strategis untuk mencapai target triwulan selanjutnya, salah satunya terkait penerimaan PNBP,” tambahnya.

Sebelum memulai diskusi, Bramastyo menjelaskan ikhtisar capaian kinerja KPKNL Bontang selama Triwulan II Tahun 2020. Ia menjelaskan bahwa terdapat 11 IKU yang telah berwarna hijau (tercapai), 5 IKU yang berwarna abu-abu, dan 3 IKU yang masih berwarna merah.

Pembahasan pertama terkait dengan IKU penerimaan negara dari pengelolaan kekayaan negara dan lelang disampaikan oleh Bramastyo. Dalam pemaparannya, Bramastyo menjelaskan terdapat beberapa target PNBP yang belum tercapai. Namun ia menambahkan adanya satu sumber PNBP yang telah mencapai target, yaitu PNBP yang berasal dari pengurusan piutang negara yang telah mencapai 1300% dari target tahunan.

Terkait target-target yang belum tercapai selama Triwulan II Tahun 2020, masing-masing Kepala Seksi menyampaikan kendala-kendala yang dialami. Selain itu, mereka juga membahas rencana-rencana aksi yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut bersama Seksi Kepatuhan Internal.

Pada kesempatan yang sama, Bramastyo juga menyampaikan Laporan Pemantauan Risiko KPKNL Bontang pada periode Semester I Tahun 2020. Ia menjelaskan beberapa risiko yang ada di KPKNL Bontang beserta besaran/level dan proyeksi risiko, seperti banyaknya lelang yang TAP, nilai wajar hasil penilaian dalam rangka pengelolaan BMN yang tidak akurat, dan risiko-risiko lain.

Terkait profil risiko, masing-masing Kepala Seksi juga menyampaikan rencana-rencana mitigasi yang telah dan akan dilaksanakan untuk menanggulangi risiko tersebut.

Diskusi antar Kepala Seksi berakhir pada pukul 17.00 WITA. Heru selaku Kepala KPKNL Bontang menutup langsung rapat DKO tersebut.

“Banyak hal yang bisa kita simpulkan dari rapat ini seperti mitigasi risiko, lalu apa yang akan kita lakukan untuk dapat mengamankan target target yang akan kita capai ke depan. Semoga apa yang telah kita rencanakan hari ini dapat dilaksanakan pada sisa waktu Semester II Tahun 2020,” tutupnya.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini