Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
KPKNL Bontang Berencana Hadirkan Layanan Filial KPPN di Kota Bontang
Wahyu Suryo Majid
Rabu, 20 Mei 2020   |   218 kali

Bontang – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bontang menggandeng Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Samarinda berencana akan menghadirkan layanan filial KPPN di Kota Bontang. Layanan filial KPPN ini akan menjangkau 49 satuan kerja yang berada di Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur.

Menggunakan ruang kosong yang ada di gedung KPKNL Bontang, layanan filial KPPN ini diharapkan dapat mempercepat proses pelayanan perbendaharaan. Selama ini satker-satker yang berada di Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur harus menempuh perjalanan 3-4 jam untuk sampai ke Samarinda.

Berdasarkan hitungan yang telah dilakukan oleh KPKNL Bontang, dengan adanya layanan filial KPPN ini nantinya akan menghemat anggaran dari sisi belanja perjalanan dinas. Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Keuangan berdasarkan instruksi langsung Presiden RI untuk melakukan penilaian kembali terkait belanja barang yang meningkat sebesar 13% setiap tahunnya.

Selain itu, layanan filial KPPN juga selaras dengan rencana KPKNL Bontang untuk mengoptimalkan rasio ketergunaan aset sehingga tingkat utilisasi gedung kantor akan menjadi maksimal. Ruang kosong yang ada pada gedung KPKNL Bontang dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk pelayanan perbendaharaan.

Adanya kerja sama antara KPKNL Bontang dan KPPN Samarinda ini juga turut mewujudkan sinergi antarinstansi Kementerian Keuangan dalam menghadirkan layanan publik bagi satuan kerja yang berada di Kota Bontang dan Kabupaten Kutai Timur.

Adhi Puspa Nugroho, Kepala Subbagian Umum KPKNL Bontang mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat permohonan ke Kantor Wilayah DJPb Provinsi Kalimantan Timur.

“Kami telah mengirimkan surat permohonan ke Kanwil DJPb Kalimantan Timur, nantinya akan ada perhitungan dan pertimbangan lagi baik dari Kanwil maupun Kantor Pusat DJPb,” ujarnya.

Namun hal tersebut untuk saat ini masih terkendala pandemi Covid-19. Pihaknya akan menunggu kedatangan Kanwil DJPb Kalimantan Timur untuk dapat dilakukan survei di KPKNL Bontang.

"Adanya pandemi Covid-19 ini membuat perjalanan-perjalanan dinas menjadi berkurang. Jadi kami menunggu kedatangan Kanwil DJPb Kalimantan Timur untuk melakukan survei lebih lanjut. Namun pada prinsipnya, kami sudah siap menghadirkan layanan filial KPPN di Kota Bontang," tambahnya. 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini