Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Sharing Knowledge Penggunaan Aplikasi SiAPPSERAH dan Teknik-Teknik Jurnalistik Kepada Pegawai
Agus Khairi Pratama Putra
Rabu, 18 September 2019   |   218 kali

Bontang, Senin (16/9) – Berbagi ilmu tidak akan pernah membuat ilmu tersebut habis. Semakin banyak ilmu yang dibagikan maka akan semakin besar manfaat yang bisa diraih oleh banyak orang. Hal itulah yang menjadi motivasi bagi Seksi Piutang Negara dan Seksi Hukum dan Informasi KPKNL Bontang melaksanakan kegiatan Sharing Knowledge pada hari ini. Adapun sharing knowledge tersebut mengambil judul “Rencana Implementasi Penggunaan Aplikasi SiAPPSERAH” yang disampaikan oleh Setyo Budi Pramono, dan “Jurnalistik, Menarik Massa dengan Media” oleh Agus Khairi Pratama Putra.

Sharing knowledge dilaksanakan di aula KPKNL Bontang pada jam 9 pagi. Dalam pembukaannya, Kepala Subbagian Umum selaku Plh Kepala Kantor menyampaikan bahwa perlu adanya ide-ide, terobosan, dan inovasi yang dapat meningkatkan pelayanan terhadap pengurusan piutang negara di wilayah kerja KPKNL Bontang. Berlandaskan pada hal tersebut, Plt. Kepala Seksi Piutang Negara Setyo Budi Pramono selaku project leader proyek perubahan pada Diklat PIM IV Angkatan 228 menggagaskan sebuah inovasi berupa aplikasi dalam penyerahan pengurusan piutang negara/daerah yang bernama SiAPPSERAH.

Aplikasi SiAPPERAH merupakan singkatan dari Sistem Aplikasi Penyerahan Piutang yang Siap Diserahkan. “Melalui aplikasi ini, diharapkan penyerah piutang dapat menyerahkan piutang negara/daerah dengan cara online dan memonitor perkembangan pengurusan piutang negara/daerahnya. Pembuatan aplikasi tersebut merupakan langkah inovasi untuk meningkatkan layanan kepada Penyerah piutang yang nantinya dapat memperoleh informasi dengan cepat terkait jumlah BKPN yang telah diserahkan, ada atau tidaknya pembayaran angsuran atau pelunasan oleh penanggung hutang, sisa saldo hutang, dan informasi-informasi lainnya terkait pengurusan piutang negara/daerah yang diserahkan,” jelas Pramono. Sebagai pilot proyeknya adalah Stakeholer/Satker yang ada di Pemerintah Daerah Kota Bontang sekaligus sebagai langkah penggalian potensi piutang daerah.

Acara dilanjutkan dengan presentasi terkait jurnalistik oleh Agus Khairi Pratama Putra. Presentasi yang disampaikan merupakan hasil dari in-house training yang baru saja dijalaninya di KPKNL Samarinda dengan narasumber yaitu Abdurrahman Amin yang merupakan pimpinan redaksi dari Samarinda Pos. Dalam presentasinya, Putra menyampaikan beberapa materi seperti news values dan metode Penulisan berita yang baik. “Ilmu jurnalistik tidak hanya relevan untuk diterapkan dalam penulisan berita resmi saja. Segala konten media yang didalamnya terdapat informasi yang dikonsumsi publik sangat memerlukan ilmu jurnalistik agar informasi yang disampaikan dapat dipahami dan memberikan manfaat bagi masyarakat” ujar Putra.

Sharing knowledge yang diadakan kali ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi seluruh pegawai KPKNL Bontang agar apabila nanti Aplikasi SiAPPSERAH siap untuk diluncurkan secara resmi, pegawai Bontang sudah paham akan tata cara penggunaannya dan bisa memperlancar pengurusan piutang negara/daerah yang akan diserahkan oleh stakeholder. Kesempatan ini juga diharapkan agar pegawai KPKNL Bontang dapat memperluas wawasan terkait jurnalistik dan dapat mempromosikan lini kerja KPKNL Bontang kepada masyarakat luas secara lebih efektif. (Seksi HI, Teks/Foto: Putra/Majid)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini