Bontang - Pada Kamis (5/9) Tim dari OKI Sekretariat DJKN memberikan
asistensi dan arahan terkait persiapan KPKNL Bontang untuk berpartisipasi dalam
pemilihan Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tahun 2020. Kegiatan yang dilaksanakan
di ruang aula lantai 2 KPKNL Bontang ini dihadiri para pejabat dan seluruh
pegawai KPKNL Bontang. Dalam pembukaannya, Kepala Subbagian Umum KPKNL Bontang,
Adhi mengatakan “Terpilih atau tidaknya KPKNL Bontang sebagai Kantor Pelayanan
Terbaik nantinya, tetap harus memberikan pelayanan terbaik dan itu menjadi
kewajiban kita.” Berdasar semangat kerja tersebut, KPKNL Bontang telah
membentuk Tim Kerja yang merupakan Tim untuk mewujudkan KPKNL Bontang
sebagai Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada tahun ini dan turut
mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam Pemilihan Kantor Pelayanan Terbaik di
tahun yang akan datang.
Tim OKI dalam pemaparannya mengungkapkan latar belakang dari agenda Pemilihan
Kantor Pelayanan Terbaik yaitu Predikat yang diberikan kepada instansi
pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk meningkatkan
kualitas pelayanan dan kinerja kantor pelayanan. Komitmen untuk menjadi Kantor
Pelayanan Terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan dilihat dari evaluasi
secara berkala dan terukur terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Komitmen
tersebut juga dilatarbelakangi dari tuntutan
masyarakat dalam era reformasi yang menghendaki agar Aparatur Pemerintah
sebagai penyelenggara negara secara bersungguh-sungguh dan secara serius menghindari
Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, sehingga tercipta pemerintahan yang bersih dan
aparatur negara yang profesional dalam sistem pemerintahan yang mampu
menyediakan public goods and services kepada seluruh anggota masyarakat
dalam suatu pemerintahan yang baik (good governance).
Asistensi yang disampaikan tersebut
merupakan bentuk kesiapan KPKNL Bontang untuk bisa lolos sebagai Kantor Pelayanan
Terbaik. Komponen dan Indikator Kantor Penilaian Terbaik terdiri dari Penilaian
Kinerja, Inovasi & Prestasi, serta diakhiri dengan Presentasi dan Tanya
Jawab. Pada dasarnya komponen ini memiliki komponen yang hampir sama dengan
komponen penilaian pada Pemilihan Kantor WBK/WBBM. Mengacu pada hal tersebut
terdapat beberapa rekomendasi yang disampaikan oleh Tim OKI untuk memperbaiki
dan meningkatkan kinerja dalam kualitas pelayanan KPKNL Bontang berdasarkan progress yang dicapai KPKNL Bontang
dalam proses pemilihan Kantor dengan WBK/WBBM. Asistensi yang diberikan tidak hanya
sebatas pada yang dilaksanakan pada saat ini saja, dan OKI selalu terbuka untuk
berkoordinasi dengan KPKNL Bontang bilamana diperlukan. (Seksi HI, Foto: Faris-Putra)