Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
KPKNL Bontang Siap Menjadi Kantor Pelayanan Terbaik
Agus Khairi Pratama Putra
Senin, 09 September 2019   |   219 kali

Bontang - Pada Kamis (5/9) Tim dari OKI Sekretariat DJKN memberikan asistensi dan arahan terkait persiapan KPKNL Bontang untuk berpartisipasi dalam pemilihan Kantor Pelayanan Terbaik (KPT) Tahun 2020. Kegiatan yang dilaksanakan di ruang aula lantai 2 KPKNL Bontang ini dihadiri para pejabat dan seluruh pegawai KPKNL Bontang.  Dalam pembukaannya, Kepala Subbagian Umum KPKNL Bontang, Adhi mengatakan “Terpilih atau tidaknya KPKNL Bontang sebagai Kantor Pelayanan Terbaik nantinya, tetap harus memberikan pelayanan terbaik dan itu menjadi kewajiban kita.” Berdasar semangat kerja tersebut, KPKNL Bontang telah membentuk Tim Kerja yang merupakan Tim untuk mewujudkan KPKNL Bontang sebagai Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada tahun ini dan turut mempersiapkan diri untuk ikut serta dalam Pemilihan Kantor Pelayanan Terbaik di tahun yang akan datang.

Tim OKI dalam pemaparannya mengungkapkan latar belakang dari agenda Pemilihan Kantor Pelayanan Terbaik yaitu Predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja kantor pelayanan. Komitmen untuk menjadi Kantor Pelayanan Terbaik di lingkungan Kementerian Keuangan dilihat dari evaluasi secara berkala dan terukur terhadap kualitas pelayanan yang diberikan. Komitmen tersebut juga dilatarbelakangi dari tuntutan masyarakat dalam era reformasi yang menghendaki agar Aparatur Pemerintah sebagai penyelenggara negara secara bersungguh-sungguh dan secara serius menghindari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme, sehingga tercipta pemerintahan yang bersih dan aparatur negara yang profesional dalam sistem pemerintahan yang mampu menyediakan public goods and services kepada seluruh anggota masyarakat dalam suatu pemerintahan yang baik (good governance).

Asistensi yang disampaikan tersebut merupakan bentuk kesiapan KPKNL Bontang untuk bisa lolos sebagai Kantor Pelayanan Terbaik. Komponen dan Indikator Kantor Penilaian Terbaik terdiri dari Penilaian Kinerja, Inovasi & Prestasi, serta diakhiri dengan Presentasi dan Tanya Jawab. Pada dasarnya komponen ini memiliki komponen yang hampir sama dengan komponen penilaian pada Pemilihan Kantor WBK/WBBM. Mengacu pada hal tersebut terdapat beberapa rekomendasi yang disampaikan oleh Tim OKI untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja dalam kualitas pelayanan KPKNL Bontang berdasarkan progress yang dicapai KPKNL Bontang dalam proses pemilihan Kantor dengan WBK/WBBM. Asistensi yang diberikan tidak hanya sebatas pada yang dilaksanakan pada saat ini saja, dan OKI selalu terbuka untuk berkoordinasi dengan KPKNL Bontang bilamana diperlukan. (Seksi HI, Foto: Faris-Putra)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini