Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Bimtek Revaluasi BMN KPKNL Bontang
Muhamad Arifianto
Rabu, 04 Oktober 2017   |   218 kali

Bontang - Agar memperoleh  kesepahaman  serta  mempercepat proses pelaksanaan revaluasi aset Barang Milik Negara, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang  (KPKNL)  Bontang mengadakan bimbingan teknis (bimtek) dengan mengundang beberapa Satuan Kerja (satker) yang berada di lingkup wilayah kerja Kabupaten Kutai Timur, Selasa (03/10).

Kegiatan bimtek  yang dilaksanakan di ruang aula gedung KPKNL Bontang Jalan MH Thamrin No. 43 ini merupakan kedua kalinya dari rangkaian kegiatan serupa yang pernah diadakan sebelumnya, pada 22 Agustus 2017 dengan  mengundang satker khusus wilayah Kota Bontang.

Pada bimtek kali ini satker yang diundang dari wilayah Kabupaten Kutai Timur, antara lain Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai  Sanggata, Pengadilan Agama Sanggata, Pengadilan Negeri Sanggata, Badan Pusat Statistik Sanggata, Kantor Pertanahan Kabupaten Kutai Timur, dan Kejaksaan Negeri Kutai Timur.                                              

Dalam sambutannya, Kepala KPKNL Bontang, Suharno menyampaikan bahwa  tujuan dilaksanakannya revaluasi aset BMN adalah untuk meningkatkan leverage BMN sebagai underlying aset untuk penerbitan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), membangun database BMN yang lebih baik, pengelolaan BMN sesuai tugas dan fungsinya serta guna memperoleh nilai  aset tetap BMN yang update dalam laporan keuangan.  

Berkaitan dengan pengelolaan BMN sesuai tugas dan fungsinya salah satunya adalah dengan melakukan identifikasi BMN idle agar dikelola dengan baik sehingga  bermanfaat untuk menghasilkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP)  untuk kemudian  akan kembali kepada  satker. Pada akhir sambutan Suharno mengharapkan agar terbangun  kerjasama yang baik antara satker dengan tim pelaksana dari KPKNL  guna  suksesnya pelaksanaan revaluasi aset atau penilaian kembali BMN yang sedang berjalan.

Selanjutnya, Kepala Seksi PKN KPKNL Bontang Gunawan Sulistyo menyampaikan materi bimtek. Materi yang disampaikan antara lain mengenai cara pengisian form pendataan sebagai data awal penilaian kembali  BMN, bisnis proses Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN)  Fitur Penilaian Kembali, dan simulasi SIMAN Fitur Penilaian Kembali.

SIMAN Fitur Penilaian Kembali  BMN merupakan fitur dari aplikasi SIMAN yang berfungsi untuk mendukung pelaksanaan Penilaian Kembali BMN tahun 2017-2018 mulai dari persiapan data awal, pencetakan kertas kerja inventarisasi, download form pendataan, update data hasil inventarisasi, pencetakan laporan, hingga tindak lanjut (rekonsiliasi penilaian kembali). (Penulis/fotografer: Seksi HI)

 

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini