Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bontang > Berita
Kunjungan Direktur Jenderal Kekayaan Negara ke KPKNL Bontang
Muhamad Arifianto
Selasa, 08 Agustus 2017   |   795 kali

Bontang – Direktur Jenderal Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata melaksanakan kunjungan kerja ke Kantor Pelayanan  Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL)  Bontang  setelah sebelumnya melaksanakan kegiatan safari kunjungan  ke  KPKNL Tarakan, KPKNL Balikpapan, dan  KPKNL Samarinda  yang merupakan kantor pelayanan  di bawah  lingkup Kantor Wilayah DJKN Kalimantan Timur dan Utara (Kanwil DJKN Kaltimtara) pada Sabtu ( 5/8/2017).  Ikut serta dalam rombongan antara lain Sekretaris DJKN  Dodi Iskandar, Kepala Kanwil DJKN Kaltimtara Surya Hadi dan Kepala Bagian Umum Kanwil DJKN Kaltimtara Hermawan Sukma Jati. Kepala KPKNL Bontang Suharno dan para pegawai KPKNL Bontang  menyambut dengan antusias dan rasa bangga menerima kedatangan rombongan dari kantor pusat dan kantor wilayah DJKN Kaltimtara di Gedung KPKNL Bontang  Jalan MH Thamrin No. 43 Bontang.

Sebelum memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai, Dirjen Kekayaan Negara didampingi Kepala KPKNL Bontang, Suharno, terlebih dahulu berkeliling melihat kondisi tiap ruangan kerja dan melakukan tanya jawab dengan kepala seksi dan stafnya masing-masing. Sambutan Kepala KPKNL Bontang menjadi pembuka pengarahan oleh Dirjen Kekayaan Negara yang digelar di Aula KPKNL Bontang. Suharno secara singkat menyampaikan profil KPKNL Bontang antara lain terkait sarana dan prasarana, sumber daya manusia, dan gambaran kinerja tiap seksi yang ada berikut inovasi yang telah dilakukan.

Menyambung paparan yang disampaikan oleh Kepala KPKNL Bontang, Dirjen Kekayaan Negara Isa Rachmatarwata menyampaikan arahan antara lain pertama; jangan lekas berpuas diri dengan apa yang sudah dicapai karena tantangan terberat bagi pegawai adalah menantang diri sendiri untuk senantiasa membuat  inovasi untuk meraih hasil kinerja yang lebih tinggi dan proaktif bekerjasama dengan pihak lain. Langkah-langkah yang dilakukan dapat berupa kegiatan mentoring dan training terkait pengelolaan barang milik negara/daerah, piutang negara, dan lelang pada pemerintah daerah agar hal ini bisa menjadi prestasi yang dicatat bagi kantor pelayanan. Setiap pegawai diharapkan agar berfikir dan bekerja  lebih proaktif dan kreatif dalam batas-batas aturan yang ada dan tidak melakukan tindakan melanggar aturan.    

Kedua, perencanaan dan pengukuran kinerja agar dipertajam dalam hal penentuan target dan pencapaiannya. Perencanaan kerja agar dibuat dengan cara pegawai memberikan feedback kepada kantor pusat  dan berusaha mengejar  apa yang sudah ditargetkan dalam perencanaan  awal  untuk kemudian dilakukan evaluasi atas hasil yang telah dicapai dengan tetap tidak  menghentikan kreatifitas yang dimiliki.

Ketiga, internal business process agar senantiasa dijaga dan ditingkatkan antara lain bila perlu dengan membuat kompetisi  ide  inovasi perkantoran  antar KPKNL untuk bisa dimanfaatkan dan di adopsi di tingkat yang lebih tinggi atau tingkat nasional. Inovasi tidak harus berwujud program aplikasi komputer tapi juga bisa berwujud program untuk menjadikan pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.  

Keempat, Profesionalisme  sumber daya manusia agar dipelihara dengan membangun soft competency dan hard competency pegawai. Seperti saat ini yang sedang dilaksanakan  yakni pengembangan standard kompetensi untuk pejabat lelang dan penilai.  Diharapkan juga para pegawai yang diberi kesempatan untuk mengikuti pendidikan dan latihan harus memiliki tanggung jawab menyelesaikan diklat dengan baik dan menyadari bahwa hal tersebut merupakan kewajiban untuk belajar lagi dan menambah pengetahuan.

Pada penghujung  acara Sekretaris DJKN, Dodi Iskandar memberikan arahan bahwa kantor pusat selalu mendukung dan mendorong inovasi dilakukan karena sesuai dengan nilai Kementerian Keuangan yang kelima yakni senantiasa melakukan perbaikan untuk mencapai kesempurnaan. Inovasi diharapkan disampaikan ke Kantor Pusat  DJKN untuk kemudian dikumpulkan, dibukukan, dan didistribusikan ke kantor pelayanan yang lain. Dirjen Kekayaan Negara dan Sekretaris Ditjen memberikan kesempatan tanya jawab kepada pegawai KPKNL Bontang. Pertanyaan  yang muncul antara lain terkait  belum adanya  rumah dinas untuk pejabat eselon IV/pelaksana  dan kurangnya  jumlah pegawai yang ada untuk melaksanakan tugas kedinasan. ( Seksi HI KPKNL Bontang)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini