Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Kilas Peristiwa
Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2019, KPKNL Bogor Laksanakan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi
Sodi Haryatiningsih
Jum'at, 26 April 2019   |   198 kali

Bogor (26/04/2019) Pada pukul 8.30 WIB, para pegawai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor dikejutkan dengan bunyi sirine sebagai tanda adanya bahaya. Sontak para pegawai berhamburan keluar gedung mengikuti instruksi petugas Tim Peringatan Bencana melalui jalur evakuasi yang ada untuk segera menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman. Dengan sigap, Tim Evakuasi dan Penyelamatan menyisir ruangan-ruangan untuk mengevakuasi korban dan memastikan tidak ada korban yang terjebak reruntuhan di dalam gedung. Sementara itu Tim Medis telah siap dengan obat-obatan untuk memberikan pertolongan pertama kepada para korban. Situasi dinyatakan aman dan dipastikan seluruh pegawai  telah dievakuasi serta para korban telah mendapatkan perawatan.

‘Drama’ selama tiga puluh menit ini bukanlah kejadian sebenarnya, namun merupakan Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi, hasil kerja sama antara  KPKNL Bogor dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor. Selain untuk memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) 2019 pada setiap tanggal 26 April, simulasi ini juga dimaksudkan agar para pegawai KPKNL Bogor dan masyarakat pada umumnya dapat menguasai pengetahuan dan ketrampilan penyelamatan apabila terjadi bencana, karena bencana dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

Peringatan dan simulasi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional 2019 dengan tema “Kesiapsiagaan Dimulai Dari Diri, Keluarga Dan Komunitas” ini dilaksanakan serentak oleh jajaran Kementerian Keuangan termasuk Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN). Kepala KPKNL Bogor, Selo Tarnando dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terlaksananya Simulasi Evakuasi Bencana Gempa Bumi dengan tertib dan lancar serta mengucapkan  terima kasih atas partisipasi seluruh pegawai KPKNL Bogor.

Semoga dengan diadakannya simulasi ini dapat meningkatkan pengetahuan, kesiapan dan ketrampilan para pegawai dalam menghadapi situasi kedaruratan bencana. Selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) Tahun 2019. KPKNLBogor #SiapUntukSelamat #KPKNLBogorTangguh (Teks/Foto: Sodi/Rina, Seksi HI KPKNL Bogor).

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini