Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Berita
Kerja Keras Di Awal Tahun
N/a
Selasa, 16 Februari 2016   |   909 kali

Bogor - Awal tahun 2016, Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) pada Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan lelang (KPKNL) Bogor sudah mulai tancap gas kejar target realisasi Program Sertipikasi Barang Milik Negara (BMN) Berupa Tanah. Untuk itu, selama 2 (dua) hari berturut-turut KPKNL Bogor mengadakan acara “Sosialisasi SIMANTAP dan Serah Terima Sertipikat BMN Berupa Tanah Tahun 2015 serta Pembahasan Rencana Target Program Sertipikasi Tahun 2016”. Acara dilaksanakan di ruang aula KPKNL Bogor pada Rabu tanggal 10 - 11 Februari 2016.

Hari pertama, KPKNL Bogor mengundang beberapa Satuan Kerja (Satker) di lingkungan wilayah kerja KPKNL Bogor untuk dilakukan sosialisasi dan up date data SIMANTAP. Kepala Seksi PKN KPKNL Bogor mengawali acara dengan memberikan sosialisasi terkait SIMANTAP dan dengan adanya kesempatan yang baik yaitu dapat bertemu dengan para Satker maka Endah Fariana tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berbagi pengetahuan terkait Pengelolaan Kekayaan Negara yang lainnya misalnya Penetapan Status Penggunaan, BMN Idle, Pengawasan dan Pengendalian.

Acara dilanjutkan dengan up date data SIMANTAP yang dipandu oleh Ismail Akbar Tuanku Ralin, pelaksana pada Seksi PKN KPKNL Bogor. Penginstalan aplikasi SIMANTAP versi 4.1 dilakukan terlebih dahulu sebelum dilakukan up date data SIMANTAP. Para Satker yang datang telah menyiapkan data yang akan digunakan sebagai tutorial untuk melakukan up date data SIMANTAP.

Hari kedua, KPKNL Bogor selain mengundang Satker juga mengundang Pelaksanaan Jalan Nasional (PJN) Wilayah II Jawa Barat dan Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) di lingkungan wilayah kerja  KPKNL Bogor. Acara dibuka oleh Abdul Manaf, Kepala KPKNL Bogor, dan sekaligus menyampaikan hasil Sertipikasi BMN Berupa Tanah Tahun 2015 pada KPKNL Bogor, dimana KPKNL Bogor dapat mencapai 100% dari target yang telah ditetapkan.

Selanjutnya Des Arman Kepala Bidang PKN Kanwil DJKN Jawa Barat yang telah berkenan hadir pada hari itu, pada sambutannya mengucapkan terima atas kerja sama yang baik antara KPKNL Bogor, Kantor Pertanahan serta Satker sehingga target sertipikasi dapat tercapai 100%. Dan mengharapkan dengan kerja sama yang baik serta kerja keras  dari semua pihak maka target sertipikasi tahun 2016 dapat tercapai juga. KPKNL Bogor tahun 2016 mendapat target sertipikasi 6 (enam) bidang untuk non jalan sedangkan untuk jalan masih dalam pembahasan di KPKNL Bandung.

Pada puncak acara dilakukan serah terima sertipikat dari Kepala Kantah Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur kepada Kepala KPKNL Bogor. Dan selanjutnya oleh Kepala KPKNL Bogor sertipikat tersebut dititipkan kepada Satker yaitu MIN Kota Bogor, KPP Ciawi, MTSN Parung Kabupaten Bogor, Kejari Cibinong Kabupaten Bogor, UPP Pelabuhan Ratu dan PJN Wilayah II Jawa Barat. Dengan adanya sertipikat atas BMN Berupa Tanah pada aset-aset milik Satker maka dari segi yuridis kepemilikan Satker atas aset tersebut makin kuat. Disamping itu  “Tertib Fisik, Tertib Administrasi dan Tertib Hukum” pengelolaan BMN dapat  terwujud. (Penulis/fotografer:mal’)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini