Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Berita
Wujudkan Laporan Keuangan Yang Akuntabel
N/a
Senin, 02 Februari 2015   |   3086 kali

Bogor - Bagian Keuangan Sekretariat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) mengadakan acara Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2014 bertempat di aula Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor dari tanggal 26 - 30 Januari 2015. Acara tahunan ini merupakan salah satu hajatan penting karena Laporan Keuangan dapat memberikan informasi yang berguna kepada para pemakai laporan serta sebagai sarana untuk meningkatkan akuntabilitas/pertanggungjawaban dan transparansi pengelolaan keuangan negara. Acara secara resmi dibuka oleh Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bogor, Dodo Sukandar dan Arif  Rahman dari Biro Perencanaan Keuangan Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan bertindak sebagai penyelenggara dan pembimbing acara ini. 

KPKNL Bogor menyambut baik pemilihan kota hujan “Bogor” sebagai lokasi diselenggarakannya acara tersebut.  Peserta acara Penyusunan Laporan Keuangan  Tahun 2014 berasal dari Kanwil  dan KPKNL di wilayah Kanwil DJKN Aceh, Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu, Kanwil DJKN Jakarta, dan Kanwil DJKN Jawa Barat. Dalam sambutannya, Dodo Sukandar berharap kepada para peserta agar dapat menghasilkan laporan keuangan yang akuntabel dan sesuai dengan prinsip-prinsip laporan keuangan. Selain itu, Dodo Sukandar juga menambahkan agar acara ini dapat menjadi ajang silaturahim para peserta untuk meningkatkan semangat sinergi antar pegawai di Kementerian Keuangan.

Dalam pembukaan acara Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2014,  Arif Rahman menyampaikan selamat datang kepada para pesarta dan ucapan terimakasih kepada KPKNL Bogor atas kerjasamanya dalam penyelanggaraan acara ini. Terkait laporan keuangan yang berbasis akrual, Arif Rahman menyampaikan bahwa pada tahun 2015, laporan keuangan sudah mulai beralih ke basis akrual. "Walaupun berbasis akrual, proses pencatatan masih dilakukan secara periodik, bukan secara transaksional sehingga masih belum akrual murni," tambahnya.

Laporan keuangan yang akuntabel merupakan hal penting yang harus disajikan dalam rangka pertanggung jawaban atas pelaksanaan anggaran yang telah diberikan. Penyajian Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Neraca, dan Catatan atas Laporan Keuangan (CALK) diharapkan dapat memberikan gambaran yang apik terhadap kondisi kantor dan dalam rangka pertanggung jawaban atas Anggaran Pendapatan dan Belanaja Negara. Untuk itu, selama 5 (lima) hari para peserta akan mewujudkan Laporan Keuangan Tahun 2014 yang sesuai Standart Akuntasi Pemerintah. (mal’ndra)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini