Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Berita
In House Training Aplikasi Penawaran Lelang Melalui Elektronik (APLME) Menarik, Tidak Rumit , Lebih Obyektif dan Hasil Optimal
N/a
Kamis, 23 Januari 2014   |   922 kali

Bogor - Bertempat di ruang pertemuan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara (KPKNL) Bogor, pada  16 Januari 2013 diadakan In house training Penawaran Lelang Melalui Elektronik (APLME) yang diikuti oleh seluruh pejabat lelang, petugas administrator lelang dan para kepala seksi.  Kegiatan ini di prakarsai oleh Tim dari Direktorat Lelang yang dibawakan oleh Saudara Agus Yulianto, Kepala Seksi Bina Lelang IIA pada Subdirektorat Bina Lelang II Direktorat Lelang.

Peserta langsung dipandu bagaimana cara untuk mengikuti lelang melalui e mail dan KPKNL Bogor, selaku pelaksana lelang, dijelaskan cara-cara mempersiapkan lelang  melalui surat elektronis (surel) dengan obyek lelang berupa smartphone sebagai ilustrasi. Kegiatan lelang melalui surel ini didukung dengan fitur yang disediakan oleh Bank BNI, sebagai bank yang bermitra dengan  KPKNL Bogor. Fitur yang digunakan untuk mendukung lelang melalui e mail berupa fitur Virtual Account (VA). Virtual Account adalah nomor identifikasi peserta yang dibuka oleh Bank atas permintaan KPKNL untuk selanjutnya diberikan oleh KPKNL kepada calon-calon peserta lelang  sebagai nomor rekening tujuan penerimaan (collection).

Menurut penjelasan, Yoru dan Fajar, sebagai perwakilan dari BNI yang turut hadir dalam kegiatan ini, dengan menggunakan fitur  VA, KPKNL, khususnya bendahara dan pejabat lelang akan lebih mudah mengidentifikasi peserta yang mengikuti lelang, sehingga proses registrasi, validasi dan pengembalian uang jaminan lelang kepada peserta yang kalah lebih memiliki tingkat akurasi yang tinggi dibandingkan dengan cara biasa/manual. Pelaksanaan lelang dengan melalui surel ini sangat menarik, tidak rumit, lebih obyektif dan memperoleh hasil yang maksimal. Cara menyetorkan uang jaminan lelang dapat dilakukan melalui ATM, sms banking, i-banking, dan teller bank dengan menuliskan kode/angka unik yang diberikan KPKNL Bogor sebagai nomor VA peserta. 

Melalui kegiatan ini diharapkan KPKNL Bogor telah siap dan mampu melaksanakan lelang melalui surel sebagai tuntutan perkembangan teknologi yang semakin pesat serta tuntutan profesionalisme pejabat lelang dalam melaksanakan lelang. (Teks : Hari Santosa, Foto : Jamal Saptaji)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini