Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bogor > Berita
Gandeng Universitas Pakuan, KPKNL Bogor Selenggarakan DJKN Goes to Campus Secara Daring
Andika Putra Bharata
Jum'at, 09 April 2021   |   212 kali

Dalam perkembangannya, DJKN memiliki peran yang dinamis dan penting dalam menjadi penggerak utama ekonomi Indonesia, terlebih di masa pandemi saat kondisi ekonomi yang resesif, DJKN mengambil peran vital dalam mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dan efisiensi APBN 2021. Dengan peran utama yang berpengaruh tersebut, DJKN diharapkan mendapat dukungan dan peran serta aktif masyarakat dalam merealisasikan program tersebut. Pilihan yang paling strategis adalah dengan mengajak generasi muda sekaligus agent of change yang tersemat dalam identitas mahasiswa.

Dengan alasan tersebut, Jumat, 26 Maret 2021, DJKN mengambil langkah inisiasi, didukung oleh insan civitas Universitas Pakuan Bogor dan dieksekusi oleh KPKNL Bogor, pertama kalinya di masa pandemi melalui media daring, DJKN Goes to Campus diselenggarakan.

Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Nugroho, selaku Opening Speaker. dalam kata sambutannya menyampaikan bahwa melalui DJKN Goes to Campus 2021 mengajak mahasiswa untuk mengenal lebih dekat dengan aktivitas APBN 2021 yang berkaitan dengan pengelolaan kekayaan negara dan pemulihan ekonomi nasional, tidak sekedar sebagai ilmu pengetahuan yang masuk dalam kurikulum namun juga sebagai agen informasi dan bagian aktif dalam sebuah sistem pembangunan yang besar.

"Selain itu, kita harapkan rekan rekan mahasiswa juga turut berpartisipasi dalam mengenalkan kekayaan negara serta DJKN dan unit vertikalnya yaitu KPKNL kepada masyarakat awam sehingga bukan hanya sekedar 'kantor lelang' saja sebutan KPKNL ini" Ujar Tavianto.

DJKN memandang tinggi kegiatan goes to campus karena ekspektasi dan harapan kepada Mahasiswa sebagai jembatan antara DJKN dan   multiplier effect nya yang secara sosial akan dirasa oleh masyarakat sehingga tercapai sinergi untuk mencapai pengelolaan kekayaan negara yang optimal dan tentu berorientasi pada Pemulihan Ekonomi secara Nasional, terlebih di tengah situasi pandemi yang tak kondusif seperti ini.

Dodok Dwi Handoko, Kepala KPKNL Bogor, dalam materinya juga menyampaikan dengan core business DJKN yang dinamis, DJKN akan memberikan pengaruh yang besar pada sisi penerimaan dalam rancangan dan realisasi APBN 2021 melalui berbagai program yang dapat menjadi stimulus dalam kegiatan ekonomi masyarakat di masa pandemi ini.

"Dengan adanya risiko penerimaan negara yang tidak tercapai secara signifikan, pengelolaan Aset Negara yang efisien diharapkan menjadi solusi kolektif agar APBN kembali kredibel dan efektif menjaga ekonomi nasional. DJKN punya banyak program mulai dari Penyertaan Modal Negara pada BUMN, penyesuaian tarif sewa BMN, serta yang terbaru Crash Program Keringanan Utang. Rekan-rekan harus tau dan kemudian ajak orang lain tau supaya ikut. Ini salah bentuk kontribusi rekan rekan dalam Pemulihan Ekonomi Nasional." Tegas Dodok.

Dalam acara DJKN Goes to Campus perdana di tahun 2021 tersebut, tak hanya mahasiswa dari universitas Pakuan saja yang hadir dan menyimak pemaparan materi, tapi juga civitas akademik dari berbagai Universitas di kawasan kota Bogor turut hadir dalam room zoom tersebut. Total kurang lebih 600 orang dari kalangan civitas akademik dan pegawai DJKN menjadi audiens pada acara DJKN Goes to Campus kali ini.

Tentu secara teknis acara, ada banyak hal yang masih bisa ditingkatkan, namun secara substansi, ini adalah langkah awal dan komitmen penuh DJKN untuk melibatkan mahasiswa sebagai salah satu bagian penting dalam langkah strategisnya untuk mengelola kekayaan negara. Pada akhirnya, konsistensi dan kesinambungan adalah jawaban atas persoalan tersebut. DJKN goes to Campus akan hadir kembali dengan materi yang lebih menarik lagi.

Salam DJKN Dinamis !

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini